by

Golkar Ambil Ancang-Ancang Pertahankan Ambon I

Partai Golkar mulai mengambil ancang-ancang untuk mempertahankan kekuasaan politiknya di Kota Ambon, untuk tetap menduduki kursi Walikota Ambon pada 2024 mendatang.

Jabatan Walikota Ambon yang dipegang kader Partai Golkar, Richard Louhenapessy, akan berakhir pada 2022 mendatang.

Tentu saja hal itu menjadi suatu kegelisahan tersendiri bagi partai berlambang beringin tersebut, siapa lagi kader yang akan dijagokan untuk bertarung menggantikan Richard Louhenapessy.

Peluang Partai Golkar untuk tetap mempertahankan posisi Ambon I, cukup terbuka. Mereka memiliki fraksi utuh di DPRD Kota Ambon, dengan perolehan empat kursi. Bahkan Jabatan Ketua DPRD Kota Ambon pun dipegang.

Ada sejumlah kader yang memiliki potensi untuk diusung sebagai calon Walikota Ambon di 2024 mendatang. Diantaranya, Richard Rahakbauw yang saat merupakan Anggota DPRD Provinsi Maluku dapil Kota Ambon.

Rahakbauw dua periode terpilih sebagai anggota DPRD Provinsi Maluku mewakili masyarakat Kota Ambon. Tentu hal itu menjadi pertimbangan penting. Ada juga Elly Toisuta selaku anggota DPRD Kota Ambon dua priode, sekaligus Ketua DPRD Kota Ambon aktif.

Selain itu, Anthony Gustav Latuheru yang saat ini menjabat Sekretaris Kota (Sekot) Ambon, juga mendapat dukungan untuk direkomendasikan sebagai calon Walikota Ambon dari Partai Golkar.

Ketua DPD I Partai Golkar Maluku, Ramly Ibrahim Umasugi, mengatakan, secara internal, Partai Golkar dalam perhelatan Pilkada lebih mengutamakan kader partai sebagai figur calon kepala daerah. Namun hal itu tidak menutup peluang bagi kandidat dari luar partai, yang ingin mendapatkan rekomendasi.

“Jadi siapa pun punya peluang yang sama, baik kader Golkar sendiri maupun dari luar,” kata Umasugi, Senin (17/5).

Siapapun yang ingin bertarung menggunakan rekomendasi Partai Golkar pada Pilwakot 2024 mendatang, harus memiliki hasil survey yang tinggi. “Nanti kita lihat hasil survey-nya,” terangnya.

Terpisah, Ridwan Marasabessy, salah satu senior Partai Golkar, lebih setuju kalau Richard Rahakbauw dicalonkan sebagai calon Walikota Ambon. Alasannya, secara politik nama Richard Rahakbauw sudah terkenal dikalangan warga Kota Ambon, dibandingkan figur calon lainnya.

Selain anggota DPRD Maluku dua priode dari dapil Kota Ambon, secara elektabilitas, nama Richard Rahakbauw sudah dikenal dan memiliki kemampuan dan selalu ada untuk rakyat. Sehingga dia lebih pantas sebagai calon Walikota Ambon.

Sebelumnya, Sekretaris DPD Golkar Maluku, James Timisela, mengatakan, siapapun kader terbaik, memiliki kesempatan yang sama untuk berkompetisi dikanca Pilkada. Namun semua tergantong hasil survey internal.

Walau Pilkada Kota Ambon masih tiga tahun lagi, namun sejumlah nama sudah mencuat ditengah masyarakat, untuk digadang sebagai calon Walikota Ambon berikutnya menggantikan Richard Louhenapessy. Diantaranya, Rektor Unpatti Ambon Prof. Dr. M.J. Saptenno, Michael Wattimena yang merupakan politisi Partai Demokrat, Ronny Sapulete dari kalangan musisi sekaligus pengacara, Sekot Ambon A.G. Latuheru, serta Richard Rahakbauw dari Prtai Golkar.(RHM)

Comment