by

Golkar dan Hanura Dukung Sikap Pemkab Tanimbar

Ambon, BKA- Fraksi Golkar dan Hanura DPRD Provinsi Maluku mendukung penuh sikap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Tanimbar sebagai daerah penghasil, yang memperjuangkan jatah 5,6 persen dari PI 10 persen pengelolaan Blok Masela.

Dukungan itu disampaikan Ketua Fraksi Golkar DPRD Maluku, Anos Yermias, dan Fraksi Hanura DPRD Maluku, Hengky Pelata, pada rapat bersama dengan Pemkab dan DPRD Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Senin (15/3).

Menurut Yermias, secara konsep, rekomendasi yang disampaikan Pemkab kepulauan Tanimbar, harus didukung DPRD Provinsi Maluku.

“Kalau mau dihitung di republik ini, orang Maluku yang bergerak seperti KKT itu jarang. Tapi kalau kita diam-diam, percuma saja. Kita ini tidak dihitung di republik ini. Hari ini, meskipun kita berbeda partai, tapi saya anggap pak Murad Ismail ini berhasil memperjuangkan PI 10 persen,” ungkapnya.

Untuk itu, kata Yermias, melalui kesempatan tersebut Fraksi Golkar akan memberikan rekomendasi, apa yang menjadi permintaan Pemkab Kepulauan Tanimbar ke DPR RI, untuk diperjuangkan.

Hal yang sama juga disampaikan Ketua Fraksi Hanura DPRD Maluku, Hengky Pelata, kalau yang disampaikan Pemkab Kepulauan Tanimbar dari suara rakyat.

“Sebagai wakil rakyat di DPRD Maluku harus dapat menerima apa yang menjadi permintaan mereka. Selanjutnya akan memproses sesuai ketentuan dan perundang-undang yang berlaku. Sehingga apapun yang menjadi harapan mereka, kami tetap akan memberi respon, agar terkait dengan PI 10 persen dapat diselesaikan,” harapnya.

Untuk itu dirinya mengajak, agar persoalan ini dapat diselesaikan dengan cara duduk bersama. Sehingga apapun putusan yang diambil, tidak lagi menimbulkan persoalan yang baru.

“Ingat kami tidak mendukung angka PI-nya, tapi kami mendukung sikap mereka. Soal angka itu, nanti akan disesuaikan dengan hitungannya. Kalau hari ini Pemda KKT meminta PI 6 persen, itu nanti akan hitung. Sebab DPRD tidak punya kompeten untuk menegaskan berapa persen, tapi yang pasti DPRD provinsi akan mendukung sepenuhnya, langkah yang dilakukan rekan-rekan di Tanimbar,” pungkasnya.(RHM)

Comment