by

Golkar Tunggu Hasil Evaluasi Rolling Kelengkapan Dewan

AMBON-BKA, DPD Partai Golkar Maluku tetap berkomitmen untuk melakukan rolling, terhadap alat kelengkapan DPRD Provinsi Maluku. Saat ini tengah menunggu hasil evaluasi.

Komitmen itu sesuai putusan rapat pengurus harian di Kantor DPD Partai Golkar Maluku, kawasan Karang panjang, Kota Ambon, Jumat(30/7)

“Ada usulan dari rekan-rekan terhadap aktivitas alat kelengkapan dewan di provinsi dan 11 kabupaten/kota, dan telah kami putuskan bahwa pergantian atau roling alat kelengkapan dewan tetap akan dilaksanakan oleh Partai Golkar, dengan menugaskan kembali tim koordinasi fraksi Partai Golkar yang dipimpin oleh Asis Mahulette, untuk melakukan analisa tinjauan dan pendekatan-pendekatan organisatoris, terkait dengan efektivitas kerja alat kelengkapan dewan fraksi Golkar yang ada di DPRD Provinsi,” terang Ketua Koodinator Bidang Kepartaian DPD I Partai Golkar Maluku, Bisri Asidiq Latuconsina.

Baca: Penangkapan Mahasiswa Unpatti Dinilai Salah Prosedur

Dalam putusan rapat, bahwa DPD I Partai Golkar tetap akan melakukan rolling alat kelengkapan dewan. Namun sebelumnya, akan dilakukan peninjauan kembali secara teliti oleh tim koordinator fraksi Partai Golkar, yang akan dilakukan dalam waktu dekat.

Spirit komitmen tersebut, kata Latuconsina, untuk lebih memaksimalkan kinerja fraksi di Partai Golkar, guna mewujudkan agenda-agenda besar partai, terutama terkait Pileg, Pilkada dan Pilpres.

“Sebenarnya bukan penundaan, tetapi secara normatif itu telah diatur, bahwa setiap 2,5 tahun akan dilakukan evaluasi atau rolling di alat kelengkapan dewan. Meskipun sebelumnya sudah pernah dilakukan rolling, tapi setiap kebutuhan dan dinamika partai, tentu berbeda. Sama yang dilakukan nanti di partai, sehingga nantinya ada keputusan-keputusan dan pertimbangan politis dari DPD I Partai Golkar, terkait fungsi dan maksimalnya fraksi sebagai kepanjangan tangan partai di DPRD Provinsi Maluku,” ujarnya.

Baca: Golkar Akan Pinang JAR di Pilkada Maluku

Semua putusan politik yang diambil, lanjutnya, tetap mengedepankan pertemuan-pertemuan politik, dengan tetap menjaga aturan-aturan main yang ada dalam AD/RT Partai Golkar. Sehingga lewat koordinasi fraksi, nantinya akan dilakukan pemantauan dan menilai serta melihat sejauh mana kinerja partai di dewan.

“Tentunya semangat Golkar hari ini, adalah bagaimana mengawal pemerintahan ini, sehingga pemerintahan ini bisa menghasilkan sebuah kebijakan yang berkualitas demi kepentingan rakyat. Jadi kalau ada wacana A tentang B tentang C, itu adalah bagian dari cara Golkar untuk mencari format yang tepat, untuk bisa bersinergi dengan cara Golkar, bagaimana menciptakan dan mengawal proses pembangunan ini dengan baik,” tutup Latuconsina.(RHM)

Comment