by

Gonga Kembali Pimpin Kabupaten Aru

Ambon, BKA- Johan Gonga kembali memimpin Kabupaten Kepulauan Aru, setelah menjalani masa cuti kampanye Pilkada 2020 selama 71 hari.

Untuk menyambut kembali kehadiran Gonga di tengah-tengah birokrasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Aru, maka digelar serah Terima Pelaksana Tugas (Pjs) Bupati, Rosida Soamole, kepada Bupati Kabupaten Kepulauan Aru, Johan Gonga, Sabtu (5/12).


Selain dihadiri oleh Johan Gonga dan Rosida Soamole, hadir juga Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Aru, Muin Sogalrey, yang juga baru selesai cuti kampanye Pilkada 2020, Sekda Kabupaten Kepulauan Aru, M. Djumpa, para anggota DPRD, pimpinan OPD, tokoh agama, pimpinan instansi vertikal dan tamu undangan lainnya.

Mantan Pjs Bupati Kepulauan Aru, Rosida Soamole, mengucapkan terima kasih atas kerjasama baik yang dibangun selama dirinya menjalankan roda pemerintahan di Kabupaten Kepulauan Aru, pasca cutinya Bupati dan Wakil Bupati Johan Gonga-Muin Sogalrey.

“Saya ucap banyak terima kasih atas kerja sama yang baik selama saya dipercayakan jalankan roda pemerintah. Semoga bermakna bagi kita semua, walaupun hanya singkat,” ucapnya.


Soamole mengungkapkan, dirinya mulai jatuh cinta terhadap Kepulauan Aru. Namun jatuh cintanya terhadap daerah penghasil mutiara itu tak lama, lantaran masa menjabat sebagai Pjs berakhir.

“Saya jujur mau bilang. Selama saya disini, saya mulai jatuh cinta akan daerah ini. Namun tak lama rasa cinta saya itu. Karena saya harus pergi,” ungkap Soamole.

Selama menjalankan roda pemerintahan di Kepulauan Aru, dia memiliki kesan tersendiri untuk mendorong semangat kerja dan loyalitas ASN terhadap pemerintah dan masyarakat di bumi Jargaria/Sarkwarisa tercinta.

“Ada torehan kisah kasih yang terbalut dalam pemugasan serta wewenang yang terus di evaluasi secara berkala. Dan mimpi itu, saya sematkan untuk seluruh ASN di daerah ini, untuk bekerja dengan rajin dan tetap menjaga kredibilitas dan integritas sebagai penyelenggara pemerintahan yang santun, lues, berkualitas, dan suka mengabdi kepada masyarakat,” terangnya.


Untuk itu dia berharap, apa yang dia tanamkan selama menjadi Pjs Bupati kepada ASN, dapat bermanfaat bagi kepentingan pemerintah dan masyarakat.

Walau akuinya, dalam menjalankan tugas sebagai Pjs dia tidak bekerja sendiri. Sebab dibalik keberhasilan dan kegagalan dirinya, ada pimpinan OPD, ASN, TNI/Polri, tokoh agama, tokoh adat, masyarakat, pemuda dan semua penyelenggara pemerintah di Kepulauan Aru.

“Ya saya sadari bahwa di balik keberhasilan saya sebagai Pjs itu, karena saudara-saudara dan masyarakat semua. Walaupun saya sering marah dan tegas, akan tetapi tujuannya baik untuk kemajuan daerah yang kita cintai ini,” teranganya.

Untuk itu, dia berharap, semua stakholder harus bersinergi untuk membangun Kepulauan Aru secara koloktif, demi kemajuan daerah ini ke arah yang lebih baik.

“Sebelum saya meninggalkan Aru, saya berharap semua stakeholder bersatu untuk membangun Aru secara kolektif menuju ke arah yang lebih baik. Hasil kekayaan alam yang ada, harus dimanfaatkan dengan baik,” tandas Soamole.

Ditempat yang sama, Bupati Kepulauan Aru, Johan Gonga, mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan loyalitas Pjs Rosida Soamole dalam memimpin pemerintahan selama dirinya cuti kampanye.

Ada sejumlah agenda penting yang telah dilaksanakan Pjs Bupati selama dia melaksanakan cuti kampenye, seperti, pembahasan dan penandatanganan Ranperda dengan persetujuan tertulis Mendagri. Maupun pemantapan satuan gugus Covid-19 di daerah tercinta ini, Jargaria/Sarkwarisa.

“Saya mengapresiasi kepemimpinan ibu Pjs. Walaupun hanya 71 hari dirinya jalankan tugas, namun ibu Pjs sukses dalam tugasnya, karena berhasil menyelesaikan beberapa agenda penting Pemda Aru tepat waktu. Ini kinerja yang luar biasa, yang patut kita apresiasi,” pungkas Gonga.(WAL)

Comment