by

Gotong Royong Ciptakan Desa Aman Covid-19

Desa Wayame, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon, menerapkan program gotong royong sebagai upaya baru desa aman Covid-19.

Kepala Penjabat Desa Wayame, N.A La Saleman mengatakan, budaya gotong royong desa aman Covid-19 ini menjadi sasaran baru desa yang diterapkan dalam program SDGs desa, untuk bagaimana bersama-sama menerapkan pola hidup bersih, mengikuti protokol kesehatan yang berlaku, serta berpartisipasi dalam melawan pandemi Covid-19.

“Kita menerapkan budaya gotong royong ini, karena kita pikir kalau kita kompak, kerjasama dengan baik dalam menghadapi adaptasi kehidupan baru desa aman Covid-19, otomatis kita bisa melaluinya dengan baik,” katanya.

Ia menyampaikan, partisipasi masyarakat dalam menerapkan budaya gotong royong sangat baik. Dimana saling membantu antar sesama dalam menjaga kebersihan lingkungan, serta selalu mengingatkan terkait protokol kesehatan. Agar tidak terjangkit Virus Covid-19.

“Dari yang kami pantau di lingkungan. Kami sangat bangga kepada masyarakat. Kami berikan apresiasi kepada masyarakat. Karena mereka saling mengingatkan terkait protokol kesehatan. Mereka juga rutin dalam membersihkan lingkungan masing-masing,” ucapnya.

Ia berharap, masyarakat bisa terus menerapkan budaya gotong royong ini dalam kehidupan sehari-hari. Agar pandemi Covid-19 tidak mudah menyerang warga lingkungan.

“Penerapan gotong royong sudah sangat baik. Saya harap masyarakat bisa terus menerapkan budaya ini dalam kehidupan sehari-hari agar pandemi Covid-19 tidak mudah menyerang warga,” harapnya. (BKA-2)

Comment