by

Gotong Royong Wujudkan Desa Aman Covid-19

Desa Wayame, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon mulai menerapkan budaya gotong royong sebagai upaya baru desa aman Covid-19.

Kepala Penjabat Desa Wayame, Noer. A. La Saleman mengatakan, budaya gotong royong desa aman Covid-19 ini menjadi sasaran baru desa, yang diterapkan dalam program SDGs.

Untuk bagaimana bersama-sama menerapkan pola hidup bersih, mengikuti protokol kesehatan yang berlaku, serta berpartisipasi dalam melawan pandemi Covid-19.

“Kita menerapkan budaya gotong royong ini, karena kita pikir kalau kita kompak, kerjasama dengan baik dalam menghadapi adaptasi kehidupan baru desa aman Covid-19, otomatis kita bisa melaluinya dengan baik,” tutur Noer, saat dihubungi koran ini, Rabu (26/5).

Ia menyebutkan, partisipasi masyarakat dalam menerapkan budaya gotong royong sangat baik. Dimana warga saling membantu antar sesama dalam menjaga kebersihan lingkungan, serta selalu mengingatkan terkait protokol kesehatan agar tidak terjangkit Virus Covid-19.

“Dari yang kami pantau dilingkungan. Kami sangat bangga kepada masyarakat. Kami berikan apresiasi kepada masyarakat. Karena mereka saling mengingatkan terkait protokol kesehatan. Mereka juga rutin dalam membersihkan lingkungan masing-masing,” ucapnya.

Dirinya berharap, masyarakat bisa terus menerapkan budaya gotong royong ini dalam kehidupan sehari-hari. Agar pandemi Covid-19 tidak mudah menyerang lingkungan warga.

“Penerapan gotong royong sudah sangat baik. Saya harap masyarakat bisa terus menerapkan budaya ini dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga pandemi Covid-19 tidak mudah menyerang warga,” harapnya. (BKA-2)

Comment