by

GTPP Diingatkan Tetap Santun Saat Bertugas

Ambon, BKA- Tim Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan (GTTP) Covid-19 Kota Ambon, diingatkan untuk tetap santun dan tingkatkan kesabaran saat bertugas di lapangan. Demikian pesan Walikota Ambon, Richard Louhenapessy saat gelar apel pagi dengan pejabat dan ASN Pemkot, di Balai Kota, Sabtu (19/9).

Dikatakan, sebagai tim GTTP di lapangan, harus tetap bersabar dan menjaga hubungan dalam pelayanan masyarakat. Sehingga kerja keras yang dilakukan dapat membuahkan hasil dalam memutus pencegahan Covid-19 di Kota Ambon.

“Mungkin ada orang yang sengaja tidak pakai masker, terus dia ditahan, dan dia ribut. Itu bagian dari orang yang menggoyang,” tandas Richard.

Ia berharap, tim GTPP yang bertugas di lapangan dapat terus menjaga hubungan baik dengan masyarakat. Bahkan selalu mengambil langkah persuasif, dan bukan represif.

“Saudara tidak usah pikir walikota. Presiden saja bisa dicacimaki, apa lagi hanya walikota. Apalagi saudara, apalagi kita. Presiden saja dihina dan difitnah, apalagi kita. Jadi kerja saja dengan hati kita,” pesannya.

Selain itu, walikota dua periode ini juga mengapresiasi tim GTPP yang sabang hari bertugas di lapangan, demi membantu memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Kemarin saya telpon Icad (Koordinator Fasilias Umum GTTP Ambon). Bagaimana masalahnya, begini-begini begini. Kamu beritahukan saya, kalau ada TNI atau polisi yang begitu, tolong beritahu saya. Saya akan mengahadap langsung untuk itu. Tapi asal jangan sampai personil kita salah,” tegasnya.

Ia kembali berpesan agar tim GTPP jangan sampai goyang, ketika menjalankan tugas, dengan kebenaran dan keikhlasan. Dan ketika menghadapi persoalan di lapangan, jika benar dalam penegakkan aturan, maka tim GTTP tidak boleh takut terhadap siapapun. Baik itu oknum Polisi atau TNI yang kedapatan melanggar aturan.
“Pokoknya tidak usah kendor, tidak usah kendor. Kalau saudara benar saja, saudara tahu, saya akan pasang dada untuk mengahadapi siapapun orang. Tapi kalau saudara salah, saya minta maaf. Tapi kalau kita benar, saya tidak pernah akan mundur. Untuk kepentingan rakyat dan masyarakat,” cetusnya.

Ia menambahkan, sebagai walikota tentu memiliki kedekatan dengan Panglima maupun Kapolda. Sehingga hubungan tersebut harus tetap terjaga dengan baik.

“Baik Kapolri, baik Kepala Sat Angkatan Darat itu memberikan perhatian yang luar biasa terhadap masalah penanganan Covid. Kenapa polisi itu luar biasa, karena Kapolri betul monitoring. Kenapa TNI luar biasa, karena Kasad Wakil Satgas secara nasional. Jadi semua ini, kita punya tanggung jawab bersama,” imbuhnya.

Dia juga menyarankan, tim GTTP menjalankan tugas, boleh keras, asalkan jangan sampai kasar. “Orang mau bilang saudara makan pancuri (duit haram) atau apa, tenang saja, tenang saja,” tutup Richard. (BKA-1)

Comment