by

Gubernur Dorong IAIN Jadi UIN

AMBON-BKA, Gubernur Maluku, Murad Ismail, mendorong agar Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon dapat berubah status menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Ambon.

Hal itu disampaikan gubernur, saat memberikan sambutan dalam acara wisuda sarjana dan magister IAIN Ambon, yang berlangsung secara virtual, Kamis (5/8).

“Perubahan status tersebut penting untuk membuka akses yang lebih luas, bagi seluruh civitas akademika IAIN Ambon, dalam rangka menjawab tantangan pembangunan Maluku kedepan,” kata gubernur.

Baca juga: Pengelolaan PI 10 Blok Masela Masuk Tahap 7

Apalagi, kata mantan Komandan Korps Brimob Polri itu, kedepan, akan ada sejumlah proyek strategis nasional di Maluku. Seperti, Lumbung Ikan Nasional (LIN), New Ambon Port, dan Blok Masela.

Menurutnya, hal itu merupakan peluang besar, sekaligus tantangan bagi putra Maluku, apakah siap dan mampu merebut posisi dan peran strategis diberbagai proyek strates nasional itu.

“Tugas kami selaku pemimpin saat ini, adalah berjuang mewujudkan proyek strategis nasional tersebut. Sedangkan tugas kalian, generasi masa depan, adalah menjadi pekerja, pelaku, maupun aktor utamanya,” katanya memberi tantangan.

Untuk itu, gubernur mengingatkan, wisuda yang dilakukan itu tidak sebatas acara seremonial semata, tetapi harus menjadi momentum untuk melakukan refleksi terhadap seluruh proses penyelenggaraan pendidikan di lingkup IAIN Ambon.

Baca juga: Bak Olahan Emas Gunung Botak Kembali Dimusnahkan

“IAIN Ambon harus melakukan intropeksi, sampai dimana kesiapan menghadapi berbagai tantangan pembangunan di bidang ekonomi, politik, hukum, dan sosial-budaya,” pungkasnya.(RHM)

Comment