by

Gubernur Lantik Bupati dan Wakil Bupati MBD

Ambon, BKA- Gubernur Maluku, Murad Ismail, resmi melantik Benjamin Thomas Noach dan Agustinus Lekwarday Kilikily, sebagai Bupati dan Wakil Bupati Maluku Barat Daya (MBD) periode 2021-2026, di Lantai VII Kantor Gubernur Maluku, Senin (26/4).

Pelantikan itu dilakukan berdasarkan surat keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian Nomor 131.81-991 dan 131.81-992 tahun 2021, tanggal 9 April 2021.

Gubernur Maluku, Murad Ismail, dalam sambutannya, mengatakan, Bupati dan Wakil Bupati MBD harus mendukung penuh program pemerintah dalam penyelenggaraan pembangunan dan pelayanan publik.

“Saya sangat berharap, agar bisa bersama-sama menyukseskan program pemerintah tersebut. Selain itu, amanat sebagai Bupati dan Wakil Bupati MBD lima tahun mendatang, harus dijalankan secara bijak,” harap Gubernur.

Selain itu, gubernur menegaskan, Bupati dan Wakil Bupati MBD harus bisa menjadikan vaksinasi Covid-19 sebagai program prioritas, sebab hal itu merupakan program prioritas nasional.

“Selain sukseskan vaksinasi, Pemerintah Daerah MBD harus melaksanakan perintah yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat, mengenai larangan mudik lebaran Idul Fitri. Sebab ini semua bertujuan demi memutus mata rantai penyebaran corona, dan Pemda harus siapkan regulasi guna tindak lanjut perintah ini, ” jelasnya.

Saat ini, ungkapnya, implementasi Maluku sebagai Lumbung Ikan Nasional (LIN) telah berada pada tahap perencanaan dan pembangunan Ambon New Port, yang rencananya akan berfungsi pada akhir 2023 atau awal 2024.

Olehnya itu, Mantan Dankor Brimob Polri itu berharap, hal tersebut bisa dijadikan sebagai pengembangan ekonomi rakyat di Provinsi Maluku, termasuk di Kabupaten Maluku Barat Daya. “Peluang ini jangan sampai di sia-siakan,” singkatnya.

Untuk itu, dia mengatakan, sebagai pimpinan daerah, bupati dan wakil bupati harus merubah cara berpikir jajaran birokrasi daerah, agar bekerja lebih efektif, efisien dan berkinerja baik serta selalu melakukan komunikasi, koordinasi dan kolaborasi dengan DPRD sebagai mitra kerja, lembaga yudikatif, aparat keamanan TNI/Polri, instansi vertikal, instansi swasta, ormas-ormas serta elemen masyarakat MBD lainnya,” tutup Murad.(RHM)

Comment