by

Gubernur Launching Unimma

Ambon, BKA- Gubernur Maluku Murad Ismail, didampingi Pimpinan Wilayah Muhammadyah Maluku, Abd. Haji Latua dan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XII Maluku dan Maluku Utara (Malut) Muhammad Bugis, launching Universitas Muhammadyah Maluku (Unimma) yang berlokasi di Wara, kecamatan Sirimau, Ambon, Kamis (21/1)

Launching disertai penyerahan izin operasional Unimma dari Kemendikbud nomor : 1189/2020 tertanggal 30 Desember 2020 oleh Mendikbus yang diwakili Kepala LLDIKTI Wilayah XII Maluku-Malut, Muhammad Bugis kepada Ketua BPH Muhammadiyah Maluku, Mohktar Yamdua.

Gubernur dalam arahannya, menyambut baik kehadiran Unimma dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM) Maluku dan peluang orang untuk berkuliah semakin terbuka lebih banyak.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Maluku, saya menyambut gembira kehadiran Universitas Muhammadyah Maluku yang secara resmi telah memperoleh izin operasional, dari Kementerian Pendidikan Nasional,” kata Gubernur.

Ia berharap, dengan kehadiran Unimma, dapat melengkapi keberadaan perguruan tinggi lainnya di Maluku, dan menjadi pusat pengembangan sumber daya manusia (SDM) terutama di bidang kemaritiman.

Kehadiran UNIMMA Maluku, kata dia, tentunya harus memberikan penguatan kepada universitas lainnya di Maluku. Artinya, pendidikan Maluku akan lebih berkualitas karena masing-masing universitas akan membangun model mutunya sendiri. Sebagai keunggulan yang mencirikan universitas dimaksud, agar terjadi kompetisi yang sehat dalam memajukan SDM Maluku yang kuat dan berdaya saing.

Dimana pembangunan SDM yang berkualitas, maka daerah bisa menjawab tantangan pembangunan berbasis masyarakat kepulauan, mendorong konektivitas antar pulau, mengurangi angka kemiskinan, meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan mengangkat derajat kesejahteraan rakyat Maluku secara signifikan dari waktu ke waktu.
“Dengan pendidikan yang berkualitas, kita dapat menyediakan sumber daya manusia yang bermutu, yang akan memberi kontribusi bagi pembangunan, peradaban dan masa depan Maluku yang lebih baik,” ujarnya.

Gubernur juga menyampaikan komitmen Pemerintah Provinsi Maluku dalam mendukung pengembangan pendidikan tinggi di Maluku. Dirinya juga mengajak seluruh pimpinan perguruan tinggi di Maluku, untuk terus meningkatkan komunikasi, koordinasi dan kolaborasi sebagai mitra strategis pemerinta daerah, dalam semua sektor pembangunan di Provinsi Maluku.

“Hal ini akan terus dilakukan sebagai wujud usaha pemerintah daerah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Maluku, agar bisa sejajar dengan provinsi-provinsi lainnya di Indonesia,” tandas Gubernur.

Sebelumnya dalam laporan menjelaskan, sebagai awal dioperasinya Unimma dengan membuka lima Program Studi (Prodi) sesuai yang diizinkan oleh Mendikbud. Yakni Ilmu Kelautan program serjana S1, Perikanan Tangkap program sarjana S1, Kehutanan program serjana S1, Pendidikan Matematika program serjana S1 dan Pendidikan Biolagi program serjana S1. (RHM)

Comment