by

Gubernur Pimpin Upacara HUT 76 RI

beritakotaambon.com – Pemerintah Provinsi Maluku menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia (RI), di Lapangan Merdeka-Ambon, Selasa (17/8).

Gubernur Maluku, Murad Ismail, bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup). Letkol Infanteri Rudolof G. Paulus bertindak sebagai komandan upacara.

Upacara yang digelar secara sederhana dan terbatas itu, diawali dengan masuknya pasukan dari puluhan anggo0ta berbagai satuan, yakni, Satpol PP, TNI Angkatan Darat/Laut/Udara, ASN dan Kwarda Maluku.

Kemudian Inspektur Upacara masuk ke podium kehormatan, diikuti laporan Komandan Upacara.

Baca Juga: Upacara HUT RI di Malra Berlangsung Khidmat

Selanjutnya pembacaan naskah Proklamasi oleh Ketua DPRD Maluku, Lucky Wattimury. Lalu mengheningkan cipta dipimpin Inspektur Upacara, dan pembacaan doa oleh Kepala Kanwil Kemenag Maluku, Djamaluddin Bugis.

Prosesi dilanjutkan dengan pengibaran Bendera Merah Putih oleh tim Pasukan Pengibar Bendera.

Setelah pengibaran bendera, prosesi ditutup dengan laporan komandan upacara kalau upacara telah dilaksanakan, lalu dilanjutkan pembubaran pasukan.

Upacara kali ini digelar terbatas, karena pandemi Covid-19. Jumlah undangan pun terbatas.

Pejabat yang hadir dalam upacara ini, diantaranya, Wakil Gubernur Maluku Barnabas Nathaniel Orno, Pangdam XVI/Pattimura Jeffry Apoly Rahawarin, Komandan Lantamal IX Ambon Said Latuconsina, Plh Sekda Maluku Sadlie Lie, Wakapolda Maluku Jan Leonard de Fretes, jajaran pimpinan DPRD Maluku, Kajati Maluku Undang Mangopal serta Danlanud Pattimura Andreas A Dhewo.

Baca Juga: Fatlolon Kukuhkan Paskibra KKT 2021

Acara selanjutnya, penyerahan remisi kepada 940 nara pidana, yang diterima secara simbolis, yang diawali dengan pembacaan SK Menteri Hukum dan HAM RI.

Kemudian, penyerahan Bansos dari Presiden RI, Joko Widodo, kepada masyarakat terdampak PPKM sebanyak 3000 paket. 1000 paket diserahkan ke Kabupaten Kepulauan Aru dan 2000 ke Kota Ambon yang diterima Wakil Walikota Ambon Syarief Hadler.

Diakhiri dengan penyerahan Bansos dari Pemprov Maluku kepada masyarakat terdampak PPKM sebanyak 3000 paket. 1000 paket telah terdistribusi ke Kabupaten Kepulauan Aru, 2000 untuk warga Kota Ambon, yang diterima oleh perwakilan dari Imam Masjid Raya Al-Fatah Ambon.(MG-2)

Comment