by

Gubernur: Terkurasnya Nilai Etika Jadi Pemicu Pudarnya Solidaritas

Gubernur Maluku, Murad Ismail, mengungakpakn, salah satu pemicu pudarnya solidaritas di tengah masyarakat saat ini, karena nilai-nilai etika dan moral sudah makin terkikis.

Fenomena tersebut, katanya, makin tergambar di tengah lingkungan keluarga maupun masyarakat. Sehingga cenderung menimbulkan rasa primordial sempit di tengah pergaulan.

“Akibat dari terkurasnya nilai-nila etika dan moral pada kehidupan modern dewasa ini, mengakibatkan pergeseran tata nilai dan perilaku, seperti, kesopanan, tenggang rasa, kasih sayang, dan kebersamaan,” terangnya.

Untuk itu, gubernur mengaku, salah satu tantangan terbesar dalam kehidupan modern saat ini, yakni, pudarnya solidaritas sosial.

“Tantangan lainnya juga adalah, menguatnya nilai individualisme pragmatis. Disisi lain, kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, juga semakin menguras nilai-nilai etika dan moral,” katanya.

Untuk itu, dia meminta seluruh pemuda Maluku berperan aktif dalam membantu mengatasi persoalan sosial kemasyarakatan, guna memperjuangkan tegaknya keadilan dan kesejahteraan sosial.

Pemuda Maluku, katanya, harus memiliki spirit yang tinggi untuk memberikan perubahan pada lingkungan sekitar, serta mampu menjadi bagian dari masyarakat yang tangguh dan mandiri.

Dia berharap, pemuda dapat mendukung Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku, dalam mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih.

“Pemerintah Daerah Maluku sangat berharap, kepada pemuda untuk mendukung pemerintah dalam mewujudkan pembangunan yang merata dan adil di segala bidang,” tutup Gubernur.(MG-2)

Comment