by

Guru Akan Divaksin Covid-19

Ambon, BKA- Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Ambon, Merry Mairuhu, memastikan semua guru di Kota Ambon akan divaksin, guna memastikan mereka terhindar dari penyebaran virus corona.

Terkait kapan pelaksanaannya, katanya, belum diketahui secara pasti. Karena belum ada petunjuk dari Walikota Ambon, Richard Louhenapessy. Apalagi Kota Ambon masih dalam zona merah, sehingga berbagai keputusan harus disesuaikan dengan situasi dan perkembangan Covid-19.

“Memang, sudah pasti guru-guru divaksin karena sudah diatur. Tapi kita masih menunggu petunjuk, jadi belum tahu kapan itu dilakukan,” ucap Mairuhu, Senin (1/3).

Tujuan pemberian vaksin kepada para guru, terangnya, untuk kepentingan Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Sehingga Dinas Pendidikan Kota Ambon tetap mendukung adanya proses vaksinasi tersebut.

Walau demikian, hal itu tidak serta-merta langsung dilakukan, tanpa persetujuan atau petunjuk Walikota Ambon sebagai pengambil kebijakan.

“Soal PTM, saya kira bisa saja dilakukan. Karena bapak gubernur juga sudah memberikan intruksi lewat Surat Edaran. Tapi kan Kota Ambon masih zona orange, jadi kita tidak bisa melawan perintah pak walikota. Bahwa soal vaksinasi hingga PTM, pasti dilakukan. Namun harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang hingga saat ini masih terus menjadi perhatian kita bersama, khusus Pemkot Ambon. Jadi tergantung pak walikota saja. Kalau beliau sudah ijinkan, ya tetap kita jalankan dengan tetap menggunakan protoko kesehatan. Baik untuk vaksinasi juga PTM,”tuturnya

Untuk itu, Ia meminta kepada pihak sekolah, khususnya para guru, untuk tetap bersabar menjalankan tugas ditengah pandemi ini. Sambil menunggu intruksi selanjutnya dari Pemkot Ambon soal vaksinasi maupun proses PTM.

“Sebab kalau sudah ada perintah, pasti kita lanjutkan secara resmi kepada semua tingkatan sekolah di Kota Ambon. Jadi para guru tetap kita mintakan untuk menjalankan tugas seperti biasanya. Yakni, tetap menjalankan proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ),” pinta Mairuhu. (LAM)

Comment