by

Guru Bantu Orangtua Atasi Masalah BDR

Ambon, BKA- Kepala SD Alhilaal II Ambon, Fatma Abidin, mengatakan, guru selalu siap membantu orangtua untuk mengatasi berbagai masalah yang dihadapi pada proses Belajar Dari Rumah (BDR).

Selain memberikan materi setiap hari kepada siswa, guru juga selalu diingatkan untuk maksimal dalam melakukan pendampingan kepada siswa, jika mengalami masalah dalam PJJ.

Pasalnya, selain mengajar, guru juga sangat diharapkan dapat berperan penting dalam memberikan bantuan dan bimbingan belajar kepada peserta didik, yang mempunyai masalah dalam menerima pembelajaran.

“Memang untuk SD, tidak ada guru khusus yang menangani masalah-masalah internal siswa. Tapi karena situasi dan kondisi ini, maka selain menyiapkan dan memberikan materi pelajaran, guru masing-masing kelas juga dimintakan untuk melakukan pendampingan kepada anak-anak didiknya, jika kedapatan ada persoalan. Dan itu kita lakukan. Tinggal bagaimana ada keterbukaan dari orangtua saja, kalau ada masalah yang sulit ditemukan jalan keluarnya,” ujar Abidin, Selasa (22/9).

Hal itu penting untuk diperhatikan serta dilaksanakan. Sebab menurutnya, dengan melakukan bimbingan dan pendampingan secara baik, maka akan mengurangi dampak negatif dari proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) ini.

Ia mengungkapkan, salah satu pemicu anak menjadi korban adalah karena ketidaksabaran orangtua dalam mendampingi anak saat belajar. Akibat materi pelajaran Daring yang memang menyita waktu juga perhatian penuh dari orangtua.

“Itu sebabnya, kita juga harus memberikan waktu untuk ada bersama dengan siswa, guna menghindari persoalan-persoalan yang tidak diinginkan, seperti yang terjadi di daerah lain. Karena orangtua ini kan berbeda-beda latarbelakang. Ada yang kerja sebagai orang kantoran, buru kasar dan sebagainya. Jika tekanan pekerjaan ditambah beban pendampingan belajar bagi anak, itu bisa memicu terjadinya hal yang negatif bagi anak itu sendiri. Dengan demikian, jauh sebelum ini terjadi, kita selalu membuka diri kepada orangtua maupun siswa. Jika ada masalah, sampaikan kepada guru untuk membantu mencari jalan keluarkannya, kalau itu berkaitan dengan proses BDR,” paparnya.

Ia berharap, agar selama PJJ berlangsung di masa pandemi Covid-19 ini, tidak ada hal-hal yang terjadi bagi siswa, khusus anak-anak didiknya. Untuk itu, Ia terus berupaya untuk memberikan bimbingan guna membantu orangtua mengatasi persoalan yang terjadi di rumah

“Semoga saja PJJ ini tidak menimbulkan masalah seperti didaerah lainnya. Saya kira, kalau kita bangun kerjasama dan ada keterbukaan antara sekolah dan orangtua, maka saya yakin, tidak ada masalah. Kalau pun ada masalah, itu bisa diselesaikan dengan baik. Bukan dengan cara-cara yang tidak terpuji,” pungkas Abidin. (LAM)

Comment