by

Guru Diminta Kontrol Siswa Belajar di Rumah

Ambon, BKA- Kepala SDN Negeri 13 Ambon, Muhammad Waliulu, mengatakan, kontrol guru terhadap belajar siswa jangan sampai terputus pada masa pandemi Covid-19 ini.

Walau proses belajar mengajar dilaksanakan secara jarak jauh atau siswa belajar dari rumah, namun guru harus tetap bertanggung jawab terhadap proses belajar siswa.

“Memang kita belajar secara Daring, tapi karena anak-anak ini juga terbatas dengan kuota internet, sehingga untuk sementara kita tidak belajar melalui aplikasi Zoom, tapi menggunakan WathsAap dan juga lewat SMS. Ada juga yang offline, melalui buku paket yang sudah dibagikan oleh sekolah. Dari proses itu, yang dimintakan kepada guru untuk control mereka. Kalau ada kendala, bisa langsung memberikan jalan keluar. Jadi control bisa lewat Daring, tapi juga dengan datang sendiri ke rumah siswa,” ungkap Waliulu, Minggu (20/9)

Menurutnya, kalau belajar siswa benar-benar terkontrol selama berada di rumah. Maka kualitas siswa bisa tetap terjaga. “Kalau siswa benar-benar gunakan kesempatan untuk belajar di rumah, saya kira itu juga sangat membantu. Karena itu, pentingnya control dari guru agar dapat mengetahui perkembangan belajar mereka selama di rumah,” terangnya.

Waliulu berharap, dengan situasi dan kondisi belajar seperti ini dapat memberikan dampak positif bagi anak-anak didiknya. Pasalnya, sejak Maret hingga saat ini, anak-anak tidak pernah mengikuti proses belajar secara tatap muka di sekolah.

“Semoga mereka tetap memiliki karakter baik, punya mutu dan kualitas yang baik. Artinya, kita berharap, justru setelah pandemi ini, tidak ada dampak yang ditinggalkan bagi generasi beberapa tahun kedepan. Itu sebabnya, dengan berbagai upaya, kita tetap upayakan mereka belajar,” tutupnya. (LAM)

Comment