by

Guru Honor Harus Diprioritaskan

Ambon, BKA- Kepala SD Negeri Negeri Lama Passo, S. Wacano, meminta guru honor diprioritaskan dalam seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun ini, guna menunjang kesejahteraan mereka.

Menurutnya, para guru honorer ini telah mengabdi bagi bangsa dan negara bertahun-tahun, tanpa mentunut hak. Meskipun hanya dibayar seadanya, mereka tetap menjalankan tugas dengan baik hingga saat ini.

“Mereka harus diprioritaskan dalam seleksi PPPK tahun ini. Bahwa bukan soal kualitas atau tidak, tapi pengabdian mereka selama ini yang harus dilihat. Supaya tidak terkesan, pemerintah hanya pergunakan mereka untuk menutupi kekurangan guru. Saat terpenuhi, mereka tidak diperhatikan lagi,” bebernya.

Dia mengungkapkan, selama ini, mereka hanya dibayar lewat dana BOS. Itu pun tidak seberapa. Tidak mencukupi kebutuhan sehari-hari. Sehingga lewat PPPK itu, diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan mereka.

“Memang dengan adanya aturan-aturan yang baru sekarang ini, guru-guru honor mulai mendapat perhatian. Tapi semoga aturan itu untuk tingkatkan kesejahteraan mereka, bukan sebaliknya,” harapnya.

Dikatakan, untuk kepentingan seleksi PPPK, pihaknya telah melakukan pemberkasan dan telah mengirim berkas ke Pemerintah Pusat (Pempus) lewat Dapodik sekolah. Sehingga secara administrasi, guru honorer pada sekolah yang dipimpinnya itu telah siap.

“Sekolah kan hanya ikut apa yang diperintahkan. Jadi kalau disuruh kirim berkas, kita kirim. Tidak punya kewenangan untuk selanjutnya. Karena itu, sekalipun kita sudah kirim berkas, tapi kalau tidak ditindaklanjuti oleh pemerintah, juga sulit. Tapi saya sangat yakin, pada saatnya, guru honorer ini mendapatkan apa yang menjadi hak mereka. Kita berdoa saja,” tandas Wacano. (LAM)

Comment