by

Guru Penggerak Jadikan Guru Berkualitas

Ambon, BKA- Program Guru Penggerak dinilai sangat membantu pihak Satuan Pendidikan (SP), dalam upaya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) guru.

Hal itu disampaikan Kepala SD Muhammadiyah Ambon, La Diu Siolimbona, jika program yang diluncurkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ini diikuti secara maksimal.


“Guru Penggerak ini sebenarnya bagaimana menjadikan sekolah sebagai sekolah model. Jadi sebelum diterapkan, guru-guru harus dilatih dulu untuk meningkatkan kematangan, agar SDM juga baik. Sebab setelah dilatih lewat guru penggerak itu, maka tugas mereka adalah kembali ke sekolah untuk meningkatkan kualitas sekolah, termasuk juga bekerjasama dengan sekolah lainnya,” terang Siolimbona, Rabu (24/2).

Karena yang dimaksud dengan guru penggerak, menurut Siolimbona, yakni, guru dapat bekerjasama dengan semua elemen sekolah dalam membangun mutu pendidikan. Bukan saja pada sekolah tempat tugas, tapi juga pada sekolah lainnya.

Dengan demikian, lanjut dia, sangat dibutuhkan SDM guru yang baik. Dan itu harus diperhatikan lebih awal, sebelum menjalankan guru penggerak tersebut.

“Artinya, tidak hanya guru yang berasal dari sekolah itu yang memonitoring sekolahnya saja, tapi bagaimana dia bisa bekerjasama membangun relasi dengan sekolah lainnya dan melakukan pelatihan-pelatihan dalam proses pendidikan, termasuk bagaimana mendesain sekolah itu menjadi sekolah model, seperti sekolah tempatnya bertugas,” jelasnya

Karena itu, kata Siolimbona, pihaknya tengah mempersiapkan para gurunya untuk mengikuti seleksi sekolah penggerak, guna meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan pada sekolah yang dipimpinnya itu.

“Pertama, kita harus meng-upload dulu data guru, kemudian disingkronkan sesuai data yang diminta. Soal selanjutnya berkaitan dengan pelatihan, saya kira tidak ada dampaknya. Karena pelatihannya online dan data-datanya sudah jadi. Nah, kalau kita lakukan ecara maksimal, saya yakin, dampaknya sangat positif terhadap sekolah. Karena pertama, guru-gurunya dilatih dari yang belum tahu menjadi tahu, kemudian wawasan mereka semakin lebih memahami apa yang akan dilakukan terkait dengan pengembangan mutu dari pada sekolah tersebut. Demi pengembangan mutu, semua sekolah ikut seleksi termasuk sekolah swasta. Jadi kita kerjakan saja. Semoga semua berjalan lancar dan sukse,”pungkas Siolimbona. (LAM)

Comment