by

Guru Terus Didorong Siapkan Pembelajaran Kreatif

Ambon, BKA- Pembelajaran kreatif dinilai sangat dibutuhkan oleh siswa saat ini, dimasa pola Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Agar mereka tetap semangat untuk belajar di rumah.

Kepala SD Negeri 85 Ambon, Jhon Talacua, mengatakan, pembelajaran kreatif tidak bisa dilepaspisahkan dari tugas dan tanggungjawag guru. Karena sebagai pendidik, guru yang paling mengetahui kebutuhan anak-anak didiknya. Tinggal bagaimana mereka meningkatkan kompetensinya untuk memanfaatkan media teknologi yang ada untuk kepentingan PJJ.

“Guru kan yang siapkan materi pelajaran. Jadi kalau mau pembelajaran itu kreatif, maka guru itu yang harus didorong untuk tingkatkan kompetensinya. Dan itu yang membuat saya terus dorong teman-teman guru untuk hal ini. Sebab PJJ hanya akan bertahan, tergantung penyajian materi pelajaran oleh guru itu sendiri,” ujar Talacua, Rabu (30/9).

Melihat situasi dan kondisi saat ini, kata Talacua, guru tidak bisa menyajikan materi yang monoton. Pasalnya, semakin hari PJJ dilakukan, anak-anak mulai jenuh. Dia takut, siswa tidak lagi belajar, lantaran jenuh dengan materi pelajaran yang diberikan oleh guru setiap hari.

“Karena kalau materi pelajarannya tidak kreatif, pasti siswa akan jenuh. Sebab mereka sudah terbiasa belajar bersama dengan teman-teman di sekolah. Ini yang harus diperhatikan. Semakin PJJ diperpanjang, kita guru juga harus semakin kreatif untuk menyiapkan materi pelajaran. Baik secara Daring maupun Luring,” ungkapnya.

Hal tersebut dilakukan bukan semata-mata untuk menjawab ketuntasan kurikulum. Tapi untuk menjawab kebutuhan belajar siswa setiap hari di masa pandemik ini.

“Jadi kita tidak kejar siswa harus tuntas pelajaran. Yang kita butuhkan adalah mereka bisa tetap semangat untuk belajar di rumah. Karena itu, meteri pembelajaran perlu didesain semenarik mungkin. Supaya tidak membuat mereka jenuh pada saat belajar nanti. Tapi justru semakin semangat dalam belajar,” pungkasnya. (LAM)

 

Comment