by

Guru Tetap Bertanggungjawab Terhadap PJJ

Ambon, BKA- Kepala SD Yakobus Ahuru, Paternus Refwalu, mengaku, guru tetap bertanggungjawab terhadap proses pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang diterapkan saat ini, meskipun siswa mulai merasa jenuh.


“Kita terus berpacu dalam belajar Daring maupun Luring, lewat wali-wali kelas. Jadi, meskipun anak-anak sudah jenuh, tapi kita tetap bertanggungjawab. Sebab pihak yayasan pun sangat peduli, sehingga terus pantau. Kita tidak bisa main-main. Begitu juga dengan orangtua. Mereka terus berjuang demi anak-anak mereka bisa belajar Daring. Walaupun tidak punya hp android, tapi tetap berusaha mendekati teman-teman yang lain untuk belajar bersama. Dan itu kita ijinkan, yang penting protokolnya tetap disiapkan,” kata Refwalu, Rabu (18/11).

Pasca penerapakan PJJ, katanya, semangat anak-anak sangat tinggi dalam mengikuti pembelajaran. Namun lama kelamaan, semangat mereka mulai menghilang karena jenuh.

“Memang itu kondisi sekarang ini. Bahwa diawal itu, anak sangat semangat. Tapi akhir-akhir ini, mereka sudah jenuh. Puji Tuhan, guru masih semangat. Sehingga terus memberikan support kepada mereka. Khusus sekarang ini, lagi mempersiapkan mereka untuk tes akhir semester. Begitu juga dengan pihak Yayasan Andersol. Dari Ketua Yayasan terus membantu memudahkan proses belajar mengajar. Jadi fasilitas dari yayasan, sehingga kita semua para guru dan siswa belajar lewat bantuan yayasan. Misalnya, belajar aplikasi zoom. Jika ada siswa yang tidak belajar, bisa wali kelas sampaikan ke siswa yang bersangkutan,” tuturnya.

Untuk itu, kata Refwalu, pihaknya terus mendorong para guru agar terus berinovasi dalam menyiapkan materi pelajaran, agar mampu menarik perhatian siswa untuk belajar.

“Salah satu cara agar mereka semangat adalah kreatif dalam proses belajar mengajar. Apalagi kita belajar lewat zoom. Harus diberikan support lewat gambar, agar anak bisa tertarik. Sehingga terus diharapkan, wali kelas memiliki kreativitas, supaya anak-anak tidak jenuh, teristimewa yang kelas satu,” tutup Refwalu.(LAM)

Comment