by

Hadapi Musim Tanam, Distan Buru Gelar Pertemuan

Ambon, BKA- Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Buru melalui Balai Penyuluh Pertanian Lapangan (BPPL), Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dan Pengendalian Organisasi Pengganggu Tumbuhan(POPT) menggelar rapat bersama persiapan Musim Tanam (MT) Satu tahun 2020-2021.

Kegiatan rapat tersebut berlangsung, di Aula Gedung Kantor Desa Waetele Unit 15, Kecamatan Waeapo, Kabupaten Buru, Selasa (19/10) lalu.

Acara ini selain dihadiri Kepala Desa (Kades) Waetele, Nuryasin juga dihadiri Ketua BPPL Desa Savana Jaya, Aswad Haji bersama anggota, Ketua Gapoktan, Madarjo bersama anggota dan Kepala POPT, Mat Doang juga bersama anggotanya.

Hasil dari pertemuan rapat bersama tersebut menyepakati jadwal musim tanam Satu direncanakan akan berlangsung pada, 5 hingga 19 November tahun ini, di Dataran Waeapo.

“Bila musim tanam olahan dan penggarapan sawah padi tahun sebelumnya menghasilkan gabah kering giling per 1 Hektar sebanyak 4 ton, maka musim tanam Satu tahun 2020-2021 akan ditingkatkan,” kata Ketua BPPL Desa Savana Jaya, Aswad Haji.

Selain itu, pihaknya berharap agar mutu dan kualitas hasil olahan garapan pertanian perlu ditingkatkan dalam musim tanam Satu nanti.

“Kami juga merencanakan untuk musim tanam Satu nanti, mutu dan kualitas hasil olahan garapan pertanian perlu ditingkatkan, hal ini didukung dengan benih bermutu dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pertanian, pupuk, obat- obatan baik itu garapan lahan sawa maupun mengatasi hama wereng, sehingga nantinya hasil petani dapat menghasilkan gabah kering giling per hektar sebesar 4,25 ton,” ungkapnya.

Mengakhiri pertemuan ini Kata Penyuluh pertanian bahwa, kali ini musim tanam pertama untuk tahun 2020-2021 hasil olahan garapan sawah petani akan meningkat dan umur Padi itu selama 115 hari di mulai musim tanam hingga memanen dan kami dari pihak pertanian akan mengawal dan mengawasi musim tanam Petani. (RHM)

Comment