by

Hadirnya STIH, Cikal Bakal UNLESA di KKT

beritakotaambon.com – Ketua LLDIKTI XII Maluku dan Maluku Utara (Malut), Dr. Muhammad Bugis, resmikan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), Selasa (12/10).

STIH ini merupakan salah satu dari 4 sekolah tinggi di bawah naungan Yayasan Pendidikan Tinggi RUmpun Lelemuku (YPT-RL di Kota Saumlaki, KKT yang juga merupakan cikal bakal didirikannya sebuah Universitas Lelemuku Saumlaki (UNLESA).

Peresmian sekaligus pelantikan jabatan struktural lingkup Kampus Lelemuku Saumlaki ini, turut hadiri Sekretaris Daerah (Sekda) KKT, Ruben Moriolkossu, didampingi sejumlah pimpinan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Bupati KKT Petrus Fatlolon, dalam rilisnya kepada media ini, Rabu (13/10) menyebutkan, berdirinya STIH yang merupakan salah satu perguruan tinggi baru dari 3 perguran tinggi lainnya yang berada dalam YPT-RL, merupakan salah satu jawaban dari kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang hukum bagi daerah bertajuk Duan Lolat itu.

Baca juga: 40 Anak Maluku Lulus seleksi Edinburgh Award

Dikatakan, sekolah tersebut diyakini akan membentuk para insan hukum yang bukan hanya secara teori, tetapi juga terampil dalam segi hukum. Yang mana, setiap bidang tentunya akan bersentuhan langsung dengan hukum, sehingga pemahaman tentang ilmu hukum sudah menjadi kebutuhan dasar dan penting.

Apalagi kedepannya, sambung dia, generasi Tanimbar akan diperhadapkan dengan pembangunan proyek strategis Blok Masela yang sejak saat ini sudah sangat terasa dampaknya bagi masyarakat dan juga pemerintah.

“Keberadaan YPT-RL Saumlaki, saat ini dengan tiga perguruan tinggi sebelumnya. Dan hari ini (kemarin) telah ditambahkan lagi satu perguruan tinggi yakni TSIH. Sejauh ini telah menjadi sebuah instrumen sekaligus solusi untuk paling tidak meminimalisir persoalan kita bersama untuk mencerdaskan anak-anak bangsa dan negara. Khususnya di Tanimbar dalam menyambut proyek strategis Blok Masela kedepannya,” terangnya.

Dikatakan, Pemda KKT dan berbagai komponen masyarakat juga turut menyambut baik dan mendukung sepenuhnya pendirian STIH, yang tentunya setiap anak bangsa dapat memperoleh layanan pendidikan yang terjangkau dan bermutu untuk masa depan yang lebih baik.

Baca juga: Mahasiswa Jenuh Kuliah Daring

Selain itu, dengan adanya penambahan perguruan tinggi yang ada, hal tersebut juga akan menjadikan masyarakat Tanimbar semakin maju, makmur, dan berbahagia di masa mendatang.

“Atas nama Pemda KKT, saya ucapkan selamat atas di launchingnya STIH. Semoga sekolah ini mampu menjadi lembaga pendidikan yang terus berkarya dan menghasilkan generasi muda Tanimbar yang cerdas ditengah persiapan untuk menghadapi kompetisi global yang semakin menantang dewasa ini,” tutupnya. (BTA)

Comment