by

Hak Warga Jadi Skala Prioritas Desa

Sekertaris Desa Laha, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon, Fahmi Mewar mengatakan, skala prioritas desa di tahun ini yakni mengutamakan hak warga yang ada di lingkungannya.

“Kita berpatokan pada anggaran. Pada saat laporan sudah kita masukan ke pemerintah lalu dana di cairkan, saat itu juga kita utamakan Bantuan bagi warga. Karena itu hak mereka,” terang Fahmi, kepada koran ini, Jumat (11/6).

Bantuan yang diberikan kepada masyarakat berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Bantuan Sosial Tunai (BST) dan Bantuan Usaha Kecil Mikro (UKM).

Mewar menjelaskan, bantuan BLT dan UKM bersumber dari dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD). Dimana BLT diberikan secara tunai kepada masyarakat, sedangkan UKM diberikan berupa peralatan usaha.

“Kalau BPNT dan BST itu dari pemerintah. BPNT berupa sembako, BST berupa uang tunai sama seperti BLT,” rincinya.

Mewar menyampaikan, penyaluran DD dan ADD tahun 2021 ini, berbeda dengan tahun sebelumnya. Yakni penyaluran dana kali ini harus dibuat laporan pertanggung jawaban dari pemerintah negeri terlebih dahulu, setelah itu baru anggarannya di berikan.

“Jumlahnya sama saja, namun mekanisme pemberiannya ini yang berbeda dari tahun sebelumnya. Kalau tahun kemarin kan anggarannya diberikan langsung keseluruhannya. Tapi kali ini kita harus buat laporan kegiatan dulu. Laporan pertanggung jawaban setelah itu baru diberikan anggarannya, ” jelasnya.

Dan untuk tahun ini dana Desa Laha memprioritaskan hak warga, dan kemudian diikuti dengan program sarana prasarana

“Warga yang harus kita utamakan dulu. Karena sebagian besar warga kitakan petani dan nelayan. Untuk itu kita utamakan hak mereka terlebih dahulu,” kuncinya. (BKA-2)

Comment