by

Hamdani Laturua Diusulkan Calon Wawali Ambon

DPD Partai Nasdem Kota Ambon sepakat mengusulkan Hamdani Laturua sebagai calon Wakil Walikota (Wawali) Ambon, untuk Pemilihan Walikota (Pilwakot) di tahun 2024 mendatang.

Usulan tersebut disampaikan dalam Roadshow dan Rapat Koordinasi Ketua DPW Partai Nasdem Maluku dan DPD Nasdem Kota Ambon, Kamis (3/6).

Hamdani Laturua yang merupakan Ketua DPW Nasdem Maluku, menyatakan, siap jika disetujui DPP Nasdem.


“Kita harus realistis. Kebetulan saya sendiri Muslim sebagai ketua wilayah. Jika partai memberikan rekomendasi untuk ketua wilayah masuk dalam konstalasi politik Pilkada Kota Ambon, maka saya siap jadi wakil walikota,” kata Laturua, kepada wartawan.

Berdasarkan hitungan politik partai, DPD Nasdem Kota Ambon memiliki 4 kursi di DPRD Kota Ambon. Itu telah memenuhi syarat untuk mengusung salah satu kader sebagai calon walikota maupun wakil walikota.

“Dari sisi mesin politik, saya rasa di Ambon sudah siap. Tinggal bagaimana waktunya untuk kita bergerak. Soal masyarakat nantinya memberikan sikap politik, kita akan yakinkan mereka. Karena masyarakat juga rindukan seseorang yang melayani, bukan penguasa atau diktator,” tandas Laturua.

Mantan anggota DPRD Maluku ini menilai, terkait evaluasi keanggotaan, tentu menjadi target sesuai keputusan DPP Nasdem. Dimana untuk keanggotaan terjadi peningkatan signifikan atas semangat dan militansi semua pengurus dan anggota DPRD Fraksi Nasdem yang dimiliki.

“Garda terdepan untuk pengembangan partai Nasdem, secara internal itu di DPRD. Ini sangat luar biasa. Sehingga Nasdem Ambon melejit tinggi sesuai harapan dan penilaian pimpinan wilayah dan pusat,” bebernya.

Laturua menambahkan, seluruh hasil konsolidasi yang dilakukan lewat kegiatan roadshow dan rakor DPW dan DPD Nasdem se-Maluku akan dilaporkan dalam rapat kerja wilayah (Rakerwil) secara nasional tanggal 8-10 Mei 2021.

“Besok (tanggal 8 Mei) kami akan buktikan dengan pelaksanaan rapat kerja wilayah secara nasional tanggl 8 sampai 10 Mei, yang didatangi 34 orang dari DPP. Maka kita akan bicarakan mau kemana Nasdem Ambon ini. Strtegis apa yang harus kita siapkan, mengingat invent politik besar di tahun 2024 nanti, baik pemilu presiden hingga kepala daerah,” pungkas Laturua.

Terkait Roadshow dan Rakor Nasdem, tambah dia, telah dilakukan di 10 DPD kabupaten/kota, termasuk DPD kota Ambon. Sehingga tersisa 1 DPD di Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) yang akan dikunjungi hari ini.

“Sudah 10 DPD kabupaten kota yang dikunjungi, tinggal 1 DPD yaitu KKT. Dan besok (hari ini) kita bergerak ke sana (KKT),” tutupnya.

Sementara itu, Ketua DPD Nasdem Kota Ambon, Morist Laturua menambahkan, DPD Nasdem tetap mengikuti arahan DPP dan DPW Nasdem Maluku untuk mengejar seluruh target yang telah ditentukan partai. Salah satunya menang pada Pilkada 2024 nanti.

“Prinsipnya DPD Nasdem Kota Ambon harus raih kemenangan, menang Pilkada 2024. Itu target kita. Untuk capai itu, maka kita konsepkan rumusan-rumusan kerja untuk mencapai kemenangan. Terutama pembenahan struktur dan infrastruktur serta perekrutan anggota,” terangnya.

Disinggung soal usulan Laturua sebagai calon Wawali, Wakil Ketua Komisi I DPRD Kota Ambon ini mengaku, DPD Nasdem Kota Ambon telah sepakat untuk mengusulkan Hamdani Laturua sebagai calon Wawali pada Pilkada 2024 nanti.

“Berkaitan dengan target pemenangan 2024, kita punya 4 kursi dan tidak ingin jadi peonton. Kita ingin jadi pelayan rakyat yang mengambil keputusan langsung, baik kepala daerah sebagai calon walikota atau wawali. Prinsipnya kita harus ada kader. Soal 01 atau 02, harus dari kader Nasdem. Tinggal kita berkolaborasi untuk mencapai presentase syarat dukungan kursi untuk konsolidasi. Dan akan kita kembangkan untuk capai kemenangan itu,” tegasnya.

Tempat yang sama, Ketua Panitia Roadshow dan Rakor DPW Nasdem Maluku dan DPD Nasdem Kota, Jhon Mainake menambahkan, sangat bersyukur dan beterima kasih atas konsolidasi yang berjalan lancar itu.

Dimana ada masukan-masukan yang disampaikan sejumlah pengurus DPC hingga DPD untuk diteruskan ke DPW. Sehingga dari hasil konsolidasi itu, akan kembali diperkuat salah satunya terkait perekrutan keanggotaan serta dukungan terhadap pelaksanaan Rakerwil Nasdem di kota Ambon.

“Ini sebuah kerinduan dari teman-teman pengurus di kecamatan sampai ranting kelurahan yang perlu dijembatani oleh pengurus DPD. Sehingga keinginan untuk dapat posisi untuk menghadapi Pilwakot, itu juga bagian dari harapan dari teman-teman. Dan ini akan dibuktikan nanti dengan kerja-kerja politik untuk bisa penuhi seluruh target dimaksud,” tandas Mainake.

Ketua Fraksi Nasdem DPRD Kota Ambon ini menambahkan, dengan dilakukan konsolidasi seperti ini, maka diharapkan seluruh target-target dapat terpenuhi.

“Kedepan kita harap seluruh target-target terpenuhi. Salah satunya soal perekrutan keanggotaan sebanyak mungkin. Target itu kan Ambon 2.750, tapi capaiannya sudah 2.181 anggota. Jadi sudah sekitar 78 persen. Dan kita tidak sampai disini, tentunya ada target-target besar lainnya yang akan kita kejar,” tutupnya. (UPE)

Comment