by

Harap Akhir Desember Ambon Zona Kuning

Ambon, BKA- Kota Ambon, sudah sekitar tiga kali keluar dari zona Merah (tinggi) dan masuk ke zona Orange (sedang) penyebaran Covid-19. Namun diakhir bulan Desember ini, kota bertajuk Manise ini diharapkan keluar dari zona Orange menuju zona Kuning (rendah).

Meski beberapa hari lalu ada pasien Covid-19 yang meninggal, namun tingkat kesembuhan pasien Covid-19 juga sangat signifikan, sehingga Ambon masih berada dalam Zona Orange dengan scoring zonasi 2.30. Dan pergerakan scoring zonasi Covid-19, hanya tingkat kesembuhan pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan pasien Covid-19 yang meninggal.

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy mengatakan, yang paling berpengaruh untuk penurunan scoring zonasi hanya pasien Covid-19 yang meninggal. Sedangkan yang membuat peningkatan scoring zonasi yaitu kesembuhan Pasien Covid-19. Sehingga diharapkan akhir Desember tahun ini, Ambon dapat keluar dari zona orange, dan masuk ke Zona Kuning.

Dan saat ini, tingkat kasus kematian pasien Covid-19 dibawah nasional, yang hanya berjumlah puluhan. Selain itu, tingkat terkonfirmasi positif Covid-19 juga rendah. Sementara angka kesembuhan pasien Covid-19 masih terbilang tinggi.

“Semoga saja, diakhir Desember nanti, Kota Ambon bisa masuk ke zona kuning,” harap Richard, kepada wartawan, Rabu, (9/12).
Dia mengaku, Ambon masih berada dalam zona orange karena setiap bulan pasien Covid-19 meninggal dunia.

“Setiap bulan itu, pasti saja ada yang meninggal dunia dari kota Ambon, akibat Covid-19. Dan itu sangat berpengaruh terhadap skor zonasi kita, walaupun sekarang skor kita masih diatas dua,” ucapnya.

Kendati demikian, Richard sangat optimistis jika akhir Desember ini, zonasi penyebaran Covid-19 bakal bergerak masuk ke zona kuning.

“Seandainya, beberapa waktu lalu itu tidak ada yang meninggal dunia akibat Covid-19, maka saya sangat yakin sekali kalau kita sudah bisa masuk zona kuning secepatnya,” tandasnya.
Dia berharap, kedepan tidak ada lagi pasien Covid-19 meninggal dunia. Dengan begitu Ambon, bisa masuk ke zona yang diinginkan.

“Angka pasien terkonfirmasi positif sangat rendah. Namun sekali lagi harus saya katakan, angka kematian terus ada yang membuat semua menjadi sulit. Saya hanya berharap, agar kedepan tidak ada yang meninggal,” pintanya. (BKA-1)

Comment