by

Harap Lapas Raih Predikat Bebas Korupsi

Ambon, BKA- Saat tiba di kota Ambon, Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Wamenkumham) Republik Indonesia, Edward Omar Sharif Hiariej, langsung memantau kondisi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II Ambon, Kamis (25/3).

Dalam kunjungan itu, Ia sangat mengapresiasi Lapas Kelas II, dari segi kebersihan lingkungan dan tata tertib yang berlaku. Sehingga diharapkan, agar Lapas II Ambon secepatnya meraih predikat wilayah tanpa korupsi.

“Saya mau, lapas ini bebas dari korupsi. Harapan saya, lapas ini secepatnya dapat predikat wilayah bebas korupsi,” harap dia.
Menurutnya, beban yang dipikul oleh pihak lapas, terkait penanggulanggan over kapasitas pada lapas. “Kita tau bahwa salah satu tugas yang dibebankan kepada saya, adalah memikirkan bagaimana penanggulanggan over kapasitas lapas,” tuturnya.

Edward juga berharap, pembangunan hukum dapat mencegah over kapasitas. Karena Lapas juga tidak bisa disalahkan atas over kapasitas yang terjadi, karena Lapas tidak bisa mengintervensi kebijakan peradilan.
“Kedepan saya kira untuk mencegah over kapasitas di Lapas, itu harus pembangunan hukum secara keseluruhan. Dalam artian yang memang tidak bisa semata-mata diserahkan kepada lapas. Karena lapas itu tempat pembuangan akhir sementara. Yakni tidak bisa intervensi dalam sistem peradilan pidana dari awal,” terangnya.

Sekedar tahu, tiba di Lapas II Ambon, Edward disambut dengan tarian Cakalele, yang merupakan tarian adat Provinsi Maluku. Acara itu juga dilakukan dengan menerapkan protokol Kesehatan. (BKA-1)

Comment