by

Harap Pekerja Perikanan-Kelautan Kantongi Kusuka

Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon lewat Dinas Perikanan berharap, seluruh pekerja di bidang perikanan dan kelautan bisa mengantongi kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan (Kusuka).

Kartu ini merupakan bagian dari satu data KKP, yang tertuang dalam Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 39 Tahun 2017 tentang kartu Kusuka.

Kepala Dinas Perikanan Kota Ambon, Feberien Maail menilai, pelaku usaha di kota Ambon belum semua memiliki kartu Kusuka. Padahal Kusuka memiliki beragam manfaat.

Diantaranya, sebagai bentuk perlindungan dan pemberdayaan bagi para pelaku usaha, percepatan pelayanan, peningkatan kesejahteraan dan efisiensi program dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

“Target kita 100 persen ya. Tapi sekarang belum semua pelaku usaha mempunyai kartu kusuka,” ungkap Maail, kepada wartawan di Balai Kota, Kamis (8/7).

Meski demikian, lanjut dia, pihaknya akan terus berupaya agar semua pelaku usaha di Kota Ambon mempunyai kartu Kusuka. Dimana pendaftaran kartu Kusuka hanya dapat dilakukan satu kali di Dinas Perikanan Kota Ambon.

“Kita tidak kerja sendiri. Kita gandeng desa atau negeri dan kelurahan. Kita juga gandeng dinas kependudukan dan catatan sipil. Ini untuk permudah,” pungkasnya. (IAN)

Comment