by

Harap Pembangunan Pos Damkar Dipercepat

Ambon, BKA- Kepala Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Ambon, N. Edwin J. Pattikawa berharap, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dapat mempercepat pembangunan Pos Pemadam Kebakaran (Damkar).

Dia mengaku, pihaknya telah mengusulkan untuk pembangunan pos tambahan Damkar di Kecamatan Teluk Ambon. Agar pihaknya dapat tanggap atau mengantisipasi kebakaran jika terjadi.

“Kita kan sudah usulkan. Tapi yang kerja itu PUPR Kota. Kita harap PUPR Kota bisa secepatnya bangun Pos Damkar di Teluk Ambon,” ungkap Pattikawa, saat diwawancarai wartawan di Balai Kota, Rabu (14/4).

Bukan saja itu, sambung dia, pihaknya juga kekurangan armada Damkar, yang mana kebutuhan armada harus sebanyak 20 unit. Namun saat ini, hanya 12 unit yang dimiliki. “Masih kurang 8 armada lagi. Tetapi kita sudah usulkan tahun ini untuk tambahan armada,” sebutnya.

Meskipun kekurangan armada, lanjut Pattikawa, tidak menutup kemungkinan, pihaknya terlambat dalam menjalankan tugas. Karena biasanya 15 menit pasca kebakaran, pihaknya sudah sampai melakukan tanggap darurat di lokasi.

“Untuk itu kalau ada keterlambatan sedikit dalam penanganan kami, saya harap jangan marah lah. Karena kami juga kekurangan posisi. Pos kami hanya ada di kota dan di Passo. Belum lagi kekurangan armada, ” bebernya.

Kendati begitu, sambung dia, pihaknya sangat memaklumi kondisi keuangan daerah. “Idealnya itu kan harus 20, tapi ini kan hanya ada 12 Armada. Tapi harus pelan-pelan lah, sesuai kemampuan keuangan daerah. Kita mau paksa juga bagaimana, ” pungkasnya. (IAN)

Comment