by

Harap Penyerahan Benteng Viktoria Lancar

Ambon, BKA- Rencana penyerahan Benteng Viktoria,l Ambon untuk dijadikan cagar budaya, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon telah merampungkan data-data yang akan dikirimkan ke Kantor Staf Kepresidenan di Jakarta. Rencana revitalisasi benteng tersebut, diharapkan berjalan lancar.

Data yang diterima koran ini, Benteng Victoria telah ditetapkan melalui keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI sebagai Cagar Budaya Nasional.

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy turut membenarkan hal itu. Menurutnya, dalam waktu dekat, laporan terkait penyerahan Benteng Viktoria akan segera diberikan ke Kantor Staf Kepresidenan.

Setelah laporan tersebut diterima, sambung dia, akan ditindaklanjuti melalui rapat koordinasi kementerian dan lembaga di Istana Negara, dalam rangka persiapan penyerahan benteng Victoria.

“Semua telah dirampungkan dan akan dilaporkan kepada kantor staf Kepresidenan untuk di take over persiapannya. Kami berharap, semuanya dapat berjalan dengan baik sesuai dengan harapan kita semua,” sebutnya.

Mantan anggota DPRD Maluku ini menilai, revitalisasi Benteng Viktoria sudah banyak mendapatkan dukungan dari berbagai elemen.

Bahkan kata Richard, Kementerian Pertahanan (Kemenhan) juga telah memberikan apresiasi yang besar bagi program revitalisasi Benteng Viktoria.

“Tanggal 25 Februari mendatang, kami akan menghadiri rapat di Istana negara dalam rangka persiapan penyerahan benteng Victoria ke Pemerintah Kota Ambon. Ini juga berkat dari dukungan yang luar biasa dari masyarakat Kota Ambon,” ucapnya.

Sekedar tahu, sebelumnya penyerahan aset sejarah tersebut, dalam bentuk tukar guling lahan. Kodam menyerahkan benteng Victoria, selanjutnya Pemkot Ambon akan menyiapkan lahan kepada TNI AD. (IAN)

Comment