by

Harap PPKM Tidak Diperpanjang

beritakotaambon.com – Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level III yang hingga kemarin masih berjalan, dinilai sangat mempersulit kondisi masyarakat saat ini. Banyak warga yang berharap, PPKM tidak lagi diperpanjang.

Meski dianggap mampu mencegah penularan Covid-19, PPKM yang diperpanjang hingga level III ini, sangat berdampak negatif bagi masyarakat kecil. Salah satunya Anak Buah Kapal (ABK) pada sejumlah kapal yang masih beroperasi di seputaran laut Maluku.

“Awalnya kami bekerja dari pukul 06.00 sampai 19.00 WIT. Namun sekarang kami dibatasi oleh waktu yang terdapat dalam peraturan PPKM. Sehingga kami hanya bekerja dari pukul 08.00 sampai 15.00 WIT. Dan itu sangat berpengaruh pada pendapatan kami. Karena jumlah penumpang kapal menjadi berkurang,” ungkap salah satu ABK kapal yang menolak namanya disebutkan, Kamis (19/8).

Baca juga: Lateri Dorong Bantuan UKM Bagi Warga

Selain jam oprasional yang dikurangi, kata dia, jumlah penumpang juga mengalami penurunan akibat PPKM. Dimana masyarakat kesulitan karena dipersulit dengan berbagai pengurusan serta syarat keberangkatan bagi pelaku perjalanan.

“Yang awalnya hanya untuk beli tiket sekarang harus habiskan biaya untuk surat vaksin, surat antigen dan sebagainya,” heran dia.

Dirinya berharap, pemerintah dapat memperhatikan persoalan tersebut dan juga memikirkan nasib para ABK yang sangat terdampak akibat PPKM. Dan berharap, wabah ini segera berlalu agar aktivitas masyarakat kecil dapat berjalan normal.

“Semoga pandemi Covid-19 ini bisa segera berakhir. Dengan begitu semua bisa kembali normal, agar perekonomian kami bisa juga kembali membaik,” harapnya. (LAM)

Comment