by

Harap Program Desa Majukan Ekonomi Warga

beritakotaambon.com – Pemerintah Desa Hunuth, Kecamatan Teluk Ambon, sangat berharap seluruh program yang disusun dalam musrenbang, dapat memajukan ekonomi masyarakat di lingkungannya.

Demikian disampaikan Sekretaris Desa Hunuth, Ampi Tahalea, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (12/10).

Menurut Ampi, tujuan program desa lebih mengarah kepada perkembangan ekonomi warga. “Kami berharap lewat program yang sudah berjalan maupun yang akan dijalankan, itu bisa membantu mengembangkan dan memajukan ekonomi warga menjadi lebih baik dan mandiri,” harapnya.

Baca juga:
Program Vaksinasi Massal Telah Digelar Pemdes Waelapia

Ia menjelaskan, ada sejumlah program yang sudah dijalankan pihaknya tahun ini. Diantaranya rembuk stunting, pembagian BLT DD bagi 40 KPM, pembagian beras bagi PKH untuk 170 KK, pemberian hewan kurban, hingga Musyawarah Desa (Musdes) pemilihan pelaksanaan operasional Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Kalau dalam tahun ini banyak program yang sudah jalan seperti, rembuk stunting, pembagian BLT dan PKH, pemberian hewan kurban untuk hari raya Idul Adha tahun ini. Juga ada Musdes untuk pemilihan pelaksanaan operasional BUMDes nantinya,” jelasnya.

Diakuinya, masih ada dua program yang akan dijalankan tahun ini. Yakni pembentukan BUMDes Smart dan Padat Karya Tunai Desa (PKTD) berupa pemanfaatan lahan kosong.

Baca juga: Waiheru Tetap Prioritas Stunting

“Kalau program yang akan jalan di bulan depan itu ada BUMDes Smart dan PKTD pemanfaatan lahan kosong. Jadi nantinya hasil lahan dikelola bersama BUMDes,” paparnya.

Menurutnya, jumlah anggaran yang sudah dihabiskan sejumlah program di tahun ini, diperkirakan mencapai 70 persen dari Dana Desa (DD). Namun untuk Alokasi Dana Desa (ADD) belum diketahui pasti, karena ada pemotongan yang dilakukan Pemerintah Kota Ambon sebesar 32 persen.

“Kalau anggaran yang sudah kami habiskan untuk program itu 70 persen. Selain program diatas itu ada juga penanganan Covid-19. Dan dari ADD yang dipotong itu 32 persen atau berada di angka 701 juta,” tutupnya. (BKA-1)


Baca juga:
MVBC Gandeng Hative Besar Gelar Lomba Voli

Comment