by

Harga Cabai di Aru Melonjak Drastis

Ambon, BKA- Jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah, sejumlah harga kebutuhan pokok di Kota Dobo mengalami kenaikan harga. Hal tersebut disampaikan Kepala dinas Perindag Kabupaten Kepulauan Aru, Alo Tabela, usai melakukan sidak di pasar Jargaria Dobo, Kamis (29/4).

Tabela mengungkapkan, untuk jenis komoditi yang mengalami kenaikan harga secara signifikan, yakni, cabe, bawang merah, bawang putih dan telor.


“Ya, berdasarkan hasil operasi kita di lapangan, memang ada beberapa jenis barang kebutuhan pokok yang melonjak pada tiga minggu belakang, diantaranya, cabai rawit, bawang merah dan bawang putih. Tapi yang paling mahal itu Cabai, Rp 130 ribu perkilonya,” ungkap Tabela.

Salah satu faktor yang sangat mempengaruhi kenaikan harga tersebut, yakni, ketika banyak kapal nelayan masuk Dobo untuk berbelanja.

“Jadi kalau kapal-kapal nelayan masuk, harga tiga bahan pokok ini pasti naik, karena mereka (orang kapal) beli dalam jumlah besar, sebagai persediaan kebutuhan mereka saat berlayar mencari ikan,” terangnya.

Selain itu, tambahnya, ada beberapa harga bahan pokok lainnya juga yang ikut melonjak. Namun, tak lama karena karena kembali normal, seperti, telur, minyak goreng, kacang tanah dan kacang hijau.

“Memang tak semua kebutuhan pokok ini harganya tetap melonjak. Ada yang tetap melonjak, ada yang kembali normal,” jelasnya.

Namun secara umum, terangnya, stok kebutuhan pokok jelang hingga perayaan lebaran nanti, tidak ada kendala. Stok cukup dan tersedia.(WAL)

Comment