by

Harga Sembako Stabil Jelang Idul Adha

Harga bahan pokok di Provinsi Maluku masih stabil, menjelang lebaran Idul Adha 1442 Hijriyah.

Dinas perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Maluku, memastikan semua bahan pokok tetap memenuhi kebutuhan masyarakat.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Provinsi Maluku, Polly Jamlean, mengatakan, stok dan harga bahan pokok stabil menjelang lebaran Idul Adha.

Kecuali harga cabai yang mengalami turun-naik, kata Jamlean, karena memang tergantung masalah pasokan.

“Semua stok dan harga bahan pokok stabil. Kecuali pasokan cabai yang berkurang, sehingga harga cabai Minggu kemrin 100 ribu per kilogram. Kini sudah 80 ribu per kilogram, karena sudah ada pasokan cabai dari Sulawesi Selatan,” ungkap Jamlean, Kamis (8/7).

Memang, katanya, khusus untuk stok cabai di Maluku, biasanya dipasok dari sentra produksi di Pulau Buru dan Maluku Tengah. Sehingga stoknya selalu terjaga.

Namun untuk beberapa pekan kemarin, Maluku mengalami kekurangan pasokan cabai, karena dua sentra produksi tersebut belum melakukan panen.

“Beberapa Minggu kemarin, Maluku kekurangan cabai, sehingga harus dikirim dari Sulawesi Selatan dan Jawa timur. Kini pasokan cabai dan harga sudah kembali stabil,” sambungnya.

Selain itu, lanjutnya, saat ini, Maluku menjadi salah satu provinsi yang menjadi perhatian Pemerintah Pusat, terkait distribusi bahan pokok.

“Saat rapat melalui zoom dengan Kementerian Perdagangan, Kamis (7/7), Disperindag Maluku mengungkapkan bahwa Maluku sangat bergantung pada Jawa Timur dan Sulawesi Selatan untuk produksi bahan pokok. Jadi Maluku akan menjadi wilayah perhatian untuk pemasokan bahan pokok,” Sambungnya.

Dengan demikian, bahan pokok untuk Maluku selama pandemi dan PPKM menjelang Idul Adha, katanya, akan selalu terjaga.(MG-2)

Comment