by

Harga Telur, Cabe dan Bawang Merah Meroket

Ambon, BKA- Hasil pantauan harga kebutuhan pokok pada tiga pasar di kota Ambon, dari 51 komoditi terdapat 3 komoditi yang masih mengalami peloncatan harga, namun tidak terlalu signifikan.

Rekap pengembangan dan operasionalisasi pemantauan pasar kebutuhan pokok per hari Rabu, (17/2) pada pasar Batu Merah, Mardika dan Gotong Royong oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Maluku, ditemukan harga cabai merah di pasar Batu Merah mencapai Rp55.000 per kilo gram, pasar Gotong Royong Rp65.000 per kilo gram, dan pasar Mardika Rp60.000 per kilo gram.

Sementara untuk telur ayam broiler, harga pada pasar Batu Merah mencapai Rp25.500 per kilo gram, pasar Gotong Royong dan pasar Mardika 27.200 per kilo gram. Yakni dari selisih harga tersebut dikarenakan proses suplayer fokus pada pasar Batu Merah.

“Ketika kami melakukan pantaun di pasar, ternyata ada sedikit selisih harga pada ke tiga pasar ini. Karena pusat transaksinya dilakukan di pasar Mardika, sehingga harganya agak murah dibandingkan dengan pasar Batu Merah dan Gotong Royong” ungkap Kepala Disperindag Provinsi Maluku, Elvis Selano, kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (17/2).

Terkait dengan kenaikan harga cabai rawit merah, kata Selano, terjadi kelangkaan karena pasokannya hanya dari kecamatan Bula, Kabupaten Seram Bagian Timur. Kemudian untuk kecamatan Namle Kabupaten Buru, belum lakukan panen sehingga stoknya agak berkurang.

“Kami targetkan di minggu depan harganya sudah normal, karena musim panen pada semua lokasi di beberapa kabupaten,” ungkapnya.
Elvis berharap, kebutuhan masyarakat akan terpenuhi pada bulan Maret hingga jelang Bulan Puasa atau April 2021 nanti, persoalan harga pada semua komoditi yang ada dipastikan normal. (BTA)

Comment