by

Hari ini 2.400 Vaksin Tiba di Buru

Ambon, BKA- Bupati Buru, Ramly Umasugi memastikan jika tidak ada halangan, sebanyak 2.400 vaksin Covid-19 Sinovac akan tiba di Kabupaten Buru hari ini. Dirinya bahkan telah siap sebagai orang pertama yang akan divaksinasi Covid-19.

“Insya Allah besok ini (hari ini) vaksin Covid akan datang di Kabupaten Buru. Jadi sudah diperintahkan langsung yang harus vaksin pertama yaitu bupati dan semuanya,” ungkap Ramly, usai melantik lima penjabat, di aula kantor Bupati Buru, Senin (25/1).

Kata dia, walaupun ada berita-berita hoaks yang membuat masyarakat takut untuk vaksianasi, namun dirinya akan menjadi contoh bagi masyarakat Kabupaten Buru untuk divaksinasi .

“Insya allah kalau itu sudah perintah, saya siap untuk besok vaksin. Tapi Insya Allah besok beta bersedia untuk vaksin,” tandasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Buru, Nani Rahim membenarkan kedatangan vaksin Covid-19 untuk Kabupaten Buru hari ini.
“Iya, besok (hari ini) vaksin masuk. Naik Ferry pak. Naik Ferry malam ini, sudah berangkat. Ada 2.400 dosis yang akan datang. Tapi belum dilaksanakan vaksinasi. Nanti hari Sabtu baru launching,” beber Nani.

Sesuai aturan medis, lanjut dia, penyuntikan vaksin Covid-19 dilakukan sebanyak dua kali per orang, dengan jangka waktu 14 hari. Dan kouta vaksin untuk tenaga kesehatan Kabupaten Buru bukan 1.209 orang, melainkan hanya 1.162 orang tenaga kesehatan.

“Jumlah untuk tegana kesehatan ternyata jadinya hanya 1.162 dosis. Kan tenaga kesehatan itu 1.162 di kali 2, karena 2 kali suntikan jadi 2.324 dosis,” sebut dia. .
Ia menambahkan, rencana launching vaksinasi Covid-19 hari Sabtu nanti, akan melibatkan Bupati Buru, Ramly Umasugi dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat, sebagai orang pertama yang disutikan vaksin.
“Jadi 2.324 dosis untuk tegana kesehatan, sisanya itu di pake untuk launching nanti. Jadi kan launching nanti kita pake 15 orang berarti kita butuh 30 dosis, karena dua kali suntikan. Rencana launcing hari Sabtu, kalau kita sudah dapat info dari pusat. Rencanya di depan kantor Bupati, dekat aula kantor bupati,” pungkasnya. (MSR)

Comment