by

Hari Ini, Ambon Lanjut PSBB Transisi IX

Ambon, BKA- Setelah berakhir di hari minggu (8/11) kemarin, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon kembali melanjutkan PSBB transisi tahap VIII ke tahap IX. Perpanjangan PSBB transisi tersebut terhitung sejak hari ini hingga 22 November 2020 mendatang.

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy mengaku, selama Kota bertajuk manise ini masih berada dalam zona orange (rendah) penyebaran Covid-19, maka PSBB masih terus berlanjut.

“Selama masih zona orange, PSBB tetap kita laksanakan,” ungkap Richard, kepada awak media, di lantai II, Gedung Balai Kota Ambon, Sabtu kemarin.

Menurut dia, dengan PSBB transisi dimaksud, pihaknya dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19, melalui sosialisasi tentang protokol kesehatan kepada masyarakat.

Namun Politisi Golkar ini mengungkapkan, untuk peraturan dalam PSBB transisi tahap IX, masih memakai aturan yang sebelumnya. Yakni, ada kelonggaran bagi beberapa sektor usaha, diantaranya, bioskop atau sinema XXI serta batas waktu operasional tempat usaha.

“Tapi untuk karoeke, belum kita izinkan. Karena sangat tertutup. Dan karaoke itu bisa dari siang sampai malam. Nah, itu masalahnya disitu,” terang dia.

Disinggung terkait skoring zonasi Kota Ambon, Walikota dua periode ini menyebutkan, scoring sudah mencapai 1.64. “Muda-mudahan dalam minggu ini angka scoring bisa terus naik. Dengan begitu, Ambon dapat masuk ke zona kuning,” pungkas dia.

Diberitakan Koran ini sebelumnya, pertanggal 22 Oktober lalu, kata Richard, pada pemberlakukan PSBB transisi VIII, toko-toko, rumah kopi maupun restoran, akan diberikan waktu beroperasi hingga pukul 21.00 WIT. Yakni lebih lama dari sebelumnya, yang hanya beroperasi hingga pukul 18.00 WIT.

Begitupun juga dengan Sinema XXI. Diberikan waktu beroperasi dari pukul 10.00 WIT hingga 20.00 WIT, dan diwajibkan untuk memperketat protokol kesehatan, selama waktu yang ditentukan. (BKA-1)

Comment