by

Hari ini, Buru Perdana Vaksinasi Covid-19

Ambon, BKA- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buru, hari ini berencana melaunching program Vaksinasi Covid-19 perdana di Kabupaten Buru. Lokasi vaksinasi nantinya akan dipusatkan di aula kantor Bupati Buru, Sabtu (30/1).

Pantauan koran ini, di lokasi yang akan dijadikan tempat perdana vaksinasi Covid-19 di kabupaten yang terkenal dengan Minyak Kayu Putih ini, telah ada persiapan untuk menjalankan vaksinasi hari ini.

Sebelumnya, sebanyak 2.400 dosis Vaksin Covid-19 Sinovac jatah Kabupaten Buru telah tiba di Kota Namlea, ibukota Kabupaten Buru, pada Selasa (26/1). Ribuan vaksin itu disimpan pada ruangan Sekretariat Satgas Covid 19 Buru pada Dinas Kesehata kabupaten Buru.

Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Buru, Nani Rahim mengatakan, Dinas Kesehatan Kebupaten Buru sementara mempersiapkan untuk melakukan launching perdana vaksin corona di kabupaten yang bertajuk Rete Mena Bara Sehe ini.

“Besok (hari ini) jadi, jam 10 pagi. Kami sekarang sedang persiapan untuk vaksin besok (hari ini), di aula kantor bupati,” tutur Nani, kepada koran ini, Jumat (29/1).

Dirinya belum bisa memastikan, apakah Bupati Buru, Ramly Umasugi akan menjadi orang pertama yang akan divaksin Sinovac. Dan jika Bupati tidak berada di tempat, maka proses penyuntikan vaksinasi tetap jalan. Dikarenakan masih ada Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang telah mendaftar untuk disuntikan vaksin Covid-19.
“Belum tahu juga katanya mau ke Jakarta, jadi besok (hari ini) kita lihat saja. Tapi tetap jalan, karena ada Forkopimda yang lain kan. Ada atau tidak ada, pak Bupati tetap kita jalankan penyuntikan vaksin perdana. Pokoknya besok (hari ini) pagi dilihat saja, jadi datang atau tidak,” pungkasnya.

Dijelaskan, tidak ada penambahan orang yang akan mengikuti penyuntikan vaksin corona perdana di Kabupaten Buru. Yakni tetap 10 orang sesuai yang telah mendaftar diri untuk mengikuti penyuntikan perdana yakni Bupati Buru, Ramly Umasugi, Ketua DPRD Buru, Muhamad Rum Soplestuny, Kapolres Pulau Buru, AKBP Egia Febry

Kusumawiatmaja, dan Dandim 1506/Namlea, Letkol Arh Agus Guwandi.
Kemudian, Kajari Namlea, Adhiya Trisanto, Kepala Pengadilan Negeri H. Yogi Rachmawan, Direktur RSUD Namlea, Helmi Koharjaya, Dinas Kesehatan, dr. Muhammad Ramdhani Drachman, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dr. Briliant Wisnu Respati, Sp.DP serta Pratisi Hukum, M. Taib Warhangan.

“Pak Bupati orang pertama (jika Ramly Umasugi berada di Kota Namlea) dan tidak ada penambahan, itu saja yang 10 orang itu,” bebernya.

Ia menambahkan untuk tenaga kesehatan sebanyak 1.162 orang yang telah mendaftar untuk mengikuti penyuntikan vaksin corona. “Nakes nanti setelah proses launching, hari Senin (1 Februari) baru mulai Nakes,” pungkasnya. (MSR)

Comment