by

Hari Ini DPRD Paripurna Penyerahan Jenazah

Ambon, BKA- DPRD Kota Ambon periode 2019-2024, berduka. Anggota legislatif (Aleg) dari Fraksi Nasdem Kota Ambon, Christian Latumahina meninggal dunia, Sabtu (9/1). Hari ini akan dilakukan Paripurna Istimewa Penyerahan Jenazah almarhum, oleh DPRD kepada pihak keluarga untuk dimakamkan.

Ketua DPRD Kota Ambon, Elly Toisuta saat dihubungi mengaku, sesuai ketentuan yang telah ditetapkan sebelumnya, jika ada anggota DPRD Kota Ambon yang meninggal dunia, maka dilakukan Paripurna Istimewa Penyerahan Jenazah dari DPRD kepada pihak keluarga untuk dimakamkan.

Dimana Paripurna tersebut akan dihadiri seluruh anggota DPRD, Pemerintah Kota Ambon, partai politik yang diwakili, beserta pihak keluarga maupun kerabat dan lainnya.

“Wajib bagi seluruh anggota DPRD lainnya hadir dalam paripurna istimewa penyerahan jenazah. Besok itu (hari ini) aka nada juga sambutan walikota, dan saya sendiri selaku ketua DPRD. Kemudian ada penghormatan terakhir kepada almarhum, kemudian diserahkan kepada pihak keluarga untuk dimakamkan,” ungkap Ketua DPRD Kota Ambon, Elly Toisuta, saat dihubungi koran ini, Minggu (10/1).

Politisi Golkar ini mangaku, dari informasi yang diterima pihak keluarga dan rekan-rekan anggota DPRD lainnya, almarhum diduga mengalami asam lambung dan sempat dilarikan ke rumah sakit ottoquik Passo dan kemudian meninggal dunia.
“Katanya asam lambung. Rasa uluhati sakit, sesak dan dibawa ke rumah sakit Ottoquik. Bahkan pak Cris sempat jalan ke UGD, dan sampai itu langsung kejang-kejang dan kaku kemudian meninggal. Kita juga sempat kaget mendengar informasi itu,” tandas Toisuta.

Dijelaskan, almarhum Cristian Latumahina merupakan sosok yang bersahaja, dan selalu menjaga tutur kata dengan siapa pun selama menjabat sebagai anggota DPRD di periode 2014-2019 dan jalan 2 tahun di periode 2019-2024.

“Pak Chris sosok yang bersahaja. Kurang lebih 6 tahun lebih jalan 2 periode ini beliau tidak pernah membuat masalah selama menjabat. Dan almarhum ini selalu komunikatif, selalu berdiskusi. Beliau sosok ayah, teman dan kakak yang baik. Bisa diajak berdiskusi untuk kepentingan politik atau lainnya. Dan kita benar-benar merasa kehilangan, tentu juga masyarakat yang diwakili merasa kehilangan,” pungkasnya.

Disinggung terkait waktu pelaksanaan Paripurna Penyerahan Jenazah, Toisuta menambahkan, hal tersebut nantinya akan disesuaikan dengan pihak keluarga. “Soal waktu itu, nanti disesuaikan. Bisa di jam 2 siang atau lebih awal dari itu,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua DPD Nasdem Kota Ambon, Morits Tamaela, yang juga merupakan anggota DPRD Kota Ambon Fraksi Nasdem, saat dikonfirmasi enggan berkomentar, terkait kronologis meninggalnya almarhum.

“Kalau wawancara nanti saja. Beta (saya) sementara sibuk mengurus hal-hal pemakaman. Kalau soal paripurna atau lainnya tanyak ke Sekwan atau pimpinan,” tutup Tamaela.

Sementara itu, pihak keluarga dari almarhum Christian Latumahina, belum dapat dikonfirmasi hingga koran ini naik cetak. (UPE)

Comment