by

Hari Ini Kemendikbud Salurkan Bantuan Kuota Internet

Ambon, BKA- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mulai menyalurkan bantuan kuota internet hingga 30 November 2020.

Bantuan kuota internet untuk bulan pertama, tahap I akan dilaksanakan pada 22 hingga 24 September 2020. Sedangkan tahap dua akan dilakukan pada 28 hingga 30 September 2020.

Untuk bulan kedua, tahap pertama akan dilaksanakan pada 22 hingga 24 Oktober 2020. Sedangkan tahap kedua pada 28 hingga 30 Oktober 2020.

Bantuan kuota internet untuk bulan ketiga dan keempat akan dikirim bersamaan. Tahap pertama pada 22 hingga 24 November 2020, sedangkan tahap kedua pada 28hingga 30 November 2020.

“Bantuan kuota data internet diberikan kepada siswa, mahasiswa, pendidik dan guru, serta dosen,” tutur Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Ainun Na’im, dalam keterangannya di laman Kemendikbud.go.id, Senin (21/9).

Menurut dia, penyaluran bantuan kuota internet telah disahkan dalam peraturan Sekretaris Jenderal Nomor 14 tahun 2020, tentang Petunjuk Teknis (juknis) Bantuan Kuota Data Internet Tahun 2020. Nantinya juknis ini menjadi pedoman dalam penyaluran bantuan kuota data internet bagi pendidik dan peserta didik, sehingga dapat mendukung penerapan pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi.

Dia mengatakan, petunjuk teknis tersebut berisi bentuk bantuan yang diberikan Kemendikbud berupa kuota data internet, dengan rincian dibagi atas kuota umum dan kuota belajar.

Kuota umum, yakni, kuota yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi dan kuota belajar. Sedangkan Kuota belajar adalah kuota yang hanya dapat digunakan untuk mengakses laman dan aplikasi pembelajaran, dengan daftar yang tercantum pada http://kuota-belajar.kemdikbud.go.id/,” jelas dia.

Dijabarkan, paket kuota internet untuk peserta didik PAUD mendapatkan 20 GB per bulan, dengan rincian 5 GB untuk kuota umum dan kuota belajar 15 GB. Peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah mendapatkan 35 GB per bulan, dengan rincian 5 GB untuk kuota umum dan kuota belajar 30 GB. Sementara itu paket kuota internet untuk pendidik pada PAUD dan jenjang pendidikan dasar dan menengah mendapatkan 42 GB per bulan, dengan rincian 5 GB kuota umum dan 37 GB kuota belajar. Paket kuota internet untuk mahasiswa dan dosen mendapatkan 50 GB per bulan dengan rincian 5 GB kuota umum dan 45 GB kuota belajar.

Terkait penyaluran bantuan tersebut, Kepala SMP Negeri 23 Ambon, Fatmawaty Naim, berharap, proses penyaluran dapat berjalan lancar tanpa kendala, sehingga bantuan yang dibagikan itu benar-benar diterima oleh siswa.

Khusus bagi anak didiknya, dirinya sudah melakukan pendaftaran lewat Dapodik sekolah.

“Bulan Agustus kemarin itu kan kita diminta masukan data siswa yang memiliki Hp. Jadi kalau memang besok bantuan itu disalurkan, ya bersyukur. Mudah-mudahan tidak ada kendala atau hambatan, supaya proses penyaluran bantuan itu berjalan lancar. Saya berharap, semua nomor Hp siswa maupun orangtua yang sudah kita kirim itu bisa mendapatkan bantuan. Jangan sampai nanti tidak ada yang kebagian,” harap Naim. (LAM)

Comment