by

Hari Ini, Paripurna KUA-PPAS 2021

Ambon, BKA- Dewan perwakilan rakyar daerah (DPRD) Provinsi Maluku, mengagendakan paripurna penyerahan Kebijakan Umum Anggaran dan Plafon Penggunaan Anggaran Prioritas (KUA-PPAS) APBD 2021, dari Pemerintah Provinsi Maluku kepada DPRD, hari ini, Kamis (17/12).

Ketua DPRD Maluku, Lucky Wattimury, mengatakan, setelah paripurna itu dilakukan, maka akan langsung dilanjutkan dengan pembahasan KUA-PPAS APBD 2021 antara DPRD dengan Pemerintah Provinsi Maluku.

“Dewan telah membicarakan dua hal penting. Yaitu, pembahasan KUA-PPAS 2021 dan reses dewan yang dilaksanakan pada akhir masa sidang 2020. Tentang KUA-PPAS 2021, direncanakan besok, hari Kamis, yang disampaikan dalam paripurna dewan oleh Gubernur Maluku,” ungkap Lukcy, Rabu (16/12).

Menurut Wattimury, dokumen KUA-PPAS 2021 hanya perlu diplenokan saja, karena hal itu sudah dibahas saat perancangan sebelumnya.

Hal ini dilakukan sesuai sistim baru, sebagaimana yang pernah dilakukan Kemendagri dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Maluku. Dan sudah dipakai pada penyusunan KUA-PPAS 2021 dan APBD 2021, yang dinilai lebih memudahkan.

“Dengan sistim baru ini, akan lebih mempermudah dewan untuk membahas. Karena sistimnya lebih terbuka, sehingga dewan akan menggunakan waktunya untuk lebih efektif untuk membahas apa yang menjadi kesepakatan. Dengan demikian, besok itu penyampaian akan dilanjutkan pembahasan pada tingkat fraksi dan komisi, setelah itu baru akan dilanjutkan dengan pembahasan lewat badan anggaran, setelah itu dengan tim pembahasan anggaran pemerintah,” jelasnya.

Paling lambat, lanjutnya, 23 Desember nanti, APBD Provinsi Maluku tahun 2021 sudah ditetapkan oleh dewan. Karena setelah perayaan Natal, masih ada tiga hari yang diperlukan untuk dilakukan evaluasi di Mendagri. Sehingga hasilnya diperkirkan kembali dari Jakarta pada tanggal 30 Desember. Jadi paling lambat, 31 Desember sudah ditetapkan APBD. (RHM)

Comment