by

Hari Ini PSBB Transisi XIII di Kota Ambon

Ambon, BKA- Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon terus berupaya untuk menekan penularan virus corona. Salah satunya dengan cara membatasi aktivitas masyarakat, sambil melakukan pembiasaan penerapan protokol kesehatan di tengah masyarakat.

Hari ini, Senin (11/1), Pemkot Ambon kembali memperpanjang pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi untuk tahap XIII, setelah PSBB Transisi tahap XII berakhir pada 10 Januari kemarin.

Banyak alasan yang menbuat Pemkot Ambon kembali memperpanjang pemberlakuan PSBB Transisi. Diantara, Kota Ambon hingga saat ini masih berada pada zona orange penularan Covid-19.

Selain itu, walau masih berada pada zona orange. Namun perlu disadari kalau scoring zonasi penyebaran Covid-19 di Kota Ambon kembali naik menjadi 2.07, dari sebelumnya 1.95.

“Masih PSBB Transisi,” ungkap Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kota Ambon, Joy Adriansz, saat dihubungi via WhatsApp, akhir pekan kemarin.

Menurut Joy yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Ambon ini, kalau aturan dalam penerapan PSBB Transisi tahap XIII sama dengan PSBB Transisi tahap XII lalu. “Aturan hukum masih sama,” ujarnya.

Untuk itu, dia berharap, kesadaran masyarakat Kota Ambon terkait penerpanan protokol kesehatan pada penerapan PSBB Transisi tahap XIII, lebih baik dibanding sebelumnya. Sehingga angka terkonfirmasi positif Covid-19 tidak melonjak.

Pada aturan PSBB Transisi tahap XII lalu, diantarnya, warga diwajibkan untuk menerapkan protokol kesehatan ketika beraktivitas di luar rumah. Selain itu, pelaku usaha harus bisa mematuhi waktu beroperasional. Sementara untuk angkutan umum, penumpang dibatasi 50 persen. Apabila kedapatan melanggar aturan tersebut, maka diberikan sanksi.

Sedangkan operasi yustisi masih diberlakukan. Warga yang kedapatan tidak memakai masker di luar rumah atau tidak menjaga jarak ketika berada dalam kendaraan, akan dirapid test di tempat.

Hal ini dilakukan, guna menekan tingkat penularan Covid-19 ditengah masyarakat, terutama mereka yang belum terpapar Covid-19.(IAN)

Comment