by

Hari Ini Satlantas Aru Gelar Operasi Zebra

Ambon, BKA- Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian Resort (Polres) Kepulauan Aru akan menggelar operasi Zebra Siwalima 2020, bakal berlangsung mulai hari ini Senin, 26 Oktober hingga 8 November 2020 mendatang.

Kasat Lantas Polres Kepulauan Aru, AKP Jandry Alfons menjelaskan tujuan operasi Zebra Siwalima tersebut dalam rangka mengantisipasi meningkatnya angka kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Kepulauan Aru.

“Operasi Zebra Siwalima 2020 ini digelar serentak seluruh Indonesia dari 26 Oktober sampai 8 November. Jadi bagi para pengguna kendaraan roda dua dan empat agar menyiapkan kelengkapan kendaraannya,” ucap Kasat Lantas Polres Kepulauan Aru, AKP Jandry Alfons, kepada BeritaKota Ambon, Minggu (25/10).

Selain meminimalisir angka kecelakaan lalu lintas di Kepulauan Aru, lanjut Kasat, pihaknya juga akan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya memutus mata rantai Covid-19 dengan 3M (Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak).

“Jadi bukan saja meminimalisir angka kecelakaan dan surat-surat kendaraan. Tetapi, kami juga akan memberikan edukasi tentang Covid-19 kepada masyarakat,” ungkap Kasat.

Polisi berpangkat AKP ini menjelaskan ada kurang lebih 7 poin yang harus diperhatikan pengguna lalu lintas agar tidak terjaring operasi ini. 7 poin tersebut yakni penggunaan helm SNI, memperhatikan batas kecepatan, memperhatikan rambu larangan, menggunakan safety belt, tidak berkendara dibawah pengaruh alkohol, tidak melawan arus dan tidak menggunakan telepon genggam saat berkendara.

“Saya harap 7 poin ini diperhatikan dengan baik bagi para pengguna roda dua dan empat, agar tidak terjaring operasi nanti,” ingatnya.

Selain itu, menurut Kasat, sasaran dari operasi Siwalima kali ini antara lain, melaksanakan deteksi dini, lidik dan pemetaan terhadap lokasi atau tempat rawan kemacetan kriminal dan pelanggaran maupun kecelakaan serta lokasi penyebaran virus Covid-19.

“Operasi Siwalima kali ini, kami juga akan melaksanakan bimbingan dan penyuluhan kepada seluruh masyarakat tentang keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas serta bahaya covid-19. Untuk itu, pihaknya berharap masyarakat bisa patuh terhadap aturan yang berlaku,” ungkapnya.

“Selama 14 hari operasi Zebra Siwalima ini digelar, kami fokuskan kepada penindakan pelanggaran lalu lintas secara selektif dengan melibatkan instansi terkait dalam rangka operasi yustisi dengan mengedepankan protokol kesehatan Covid-19,” ucapnya. (WAL)

Comment