by

Hasil RKPDes 2021 Desa Sanleko

Ambon, BKA- Pemerintah Desa ( Pemdes) Sanleko, Kecamatan Namlea, menetapkan hasil penyusunan RKPDes 2021 dalam kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes), pada 28 Januari lalu.

Penjabat Kepala Desa (Kades) Sanleko, Ahmad Rifai Syukur, mengatakan, berdasarkan hasil kesepakatan bersama dalam acara musrenbangdes itu, dilakukan penetapan beberapa program kerja yang akan dilaksanakan pada tahun 2021. Diantaranya, terkait dengan pemulihan ekonomi, dalam hal ini Pemberdayaan masyarakat, pengembangan pariwisata, dan sebagian akan dialokasikan ke pembangunan fisik.

“Ada tiga skala prioritas yang akan dijalankan pada 2021 ini, yaitu, pengembangan pariwisata, pemulihan ekonomi atau pemberdayaan. Kalau masih ada lebih anggarannya, nanti ada pembangunan fisik,” kata Ahmad, kepada BeritaKota Ambon, Senin (15/2).

Namun dari beberapa program tersebut, Ahmad berpendapat, bahwa Desa Sanleko sangat memiliki potensi yang cukup baik di sektor pariwisata. Hal itu didukung oleh keindahan alam pantai yang dihiasi pohon mangrove, yang sudah biasa dikunjungi warga.


Lanjut dia, sedangkan untuk masalah pemulihan ekonomi, Pemdes Sanleko akan memfokuskan pada bidang pemberdayaan masyarakat, seperti, pengembangan kelompok UKM dengan tujuan agar mampu mengelola hasil laut yang ada di desa tersebut. Misalnya, pengelolaan kepiting sebagai abon.

“Tetapi kalau menurut saya, Sanleko itu punya potensi di bidang pariwisata, karena dididukung status desa yang menjadi Desa bersejarah. Kalau bidang pemberdayaan, paling kami hanya membangun para UKM saja yang bisa mengelola hasil laut yang ada di desa sanleko, seperti, pembuatan Abon yang bahannya dari kepiting laut,” ungkapnya.

Sementara terkait program fisik, menurut Ahmad, tidak semua akan tercover dalam alokasi Dana Desa. Ada juga yang sumber anggarannya dari APBD 1, jika itu memungkinkan.

Lanjut dia, untuk anggaran Dana Desa, pihaknya hanya fokus pada pengadaan sumur gali yang diperuntukan buat kebutuhan masyarakat di Desa persiapan Marloso serta pembangunan gapura-gapura jalan.

“Kalau untuk pembangunan fisik, kita akan bagi dua, yaitu, ada anggarannya dari DD, seperti, Sumur galian untuk masyarakat di desa persiapan Marloso dan pembangunan gapura jalan,” pungkasnya (MG-1).

Comment