by

Hasil RKPDes 2021 Desa Tifu

Ambon, BKA- Pemerintah Desa (Pemdes) Tifu, Kecamatan Lolong Guba, menetapkan hasil penyusunan RKPDes 2021 pelaksanaan kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes), pada 23 Januari 2021.

Penjabat Kepala Desa (Kades) Tifu, Zeth Belen, mengatakan, berdasarkan hasil kesepakatan bersama pada pelaksanaan Musrenbangdes tersebut, dilakukan penetapan beberapa sub-bidang program kerja yang akan dilaksanakan pada tahun 2021. Mulai dari bidang pemerintahan samapai pada bidang penanganan bencana alam.


“Kalau kami di Desa Tifu, secara keseluruhan itu mencakup 5 bidang. Sesuai dengan anggaran Dana Desa, mulai dari program pemerintahan sampai dengan penanganan bencana. Semua ada,” kata Zeth Belen, kepada BeritaKota Ambon, Rabu (24/2).

Ada dua sub-bidang yang akan menjadi program prioritas pada pembangunan Desa tahun 2021 nanti, diantaranya, bidang pembangunan dan bidang pemberdayaan.


Dalam bidang pembangunan, Pemdes Tifu akan melanjutkan pembangunan rumah layak huni sebanyak 10 unit. Sedangkan di bidang pemberdayaan, Pemdes Tifu akan memberdayakan masyarakat lanjut usia (lansia) untuk mengembangkan keterampilannya yang berbasis kearifan lokal.

“kemudian kami punya kegiatan-kegiatan pemberdayaan, itu kami memberdayakan lansia dalam keterampilannya yang berbasis kearifan lokal, seperti, pembuatan sagu tutup pola,” ungkapnya.

Tak hanya itu, dalam bidang pemberdayaan, khususnya di sektor pertanian, Desa Tifu akan ada pembukaan lahan sebesar 20 hektar untuk pertanian palawija. Itu sebagai bentuk implementasi dari ketahanan pangan.

“Selain itu di bidang pemberdayaan khususnya sektor pertanian, ini kami akan tanam palawija. Jadi dengan rencana 2021, kita akan pemekaran sekitar 20 hektar untuk ketahanan pangan,” pungkas Zeth Belen. (MG-1)

Comment