by

Hative Besar Jadikan Pariwisata Program Unggulan

Memiliki banyak spot wisata yang bisa menarik perhatian masyarakat, membuat Pemerintah Negeri Hative Besar, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon berinisiatif menjadikan pariwisata sebagai program unggulan.

“Pariwisata yang kami fokuskan itu, pariwisata pantai dan pariwisata buah,” ungkap, Sekertaris Negeri Hative Besar, Hasan Ulath, saat dihubungi koran ini, Jumat (28/5).

Menurut dia, dalam penggunaan dana desa 2021, program pariwisata akan dikembangkan. Pantai-pantai yang jika dikelola dengan baik oleh pihak pemerintah desa, dinilai dapat menjadi sumber pendapatan desa yang cukup optimal.

Tak hanya pantai, lanjut Hasan, pariwisata buah juga akan dikembangkan oleh pihak desa. Melihat hampir sebagian besar warga desa yang berprofesi sebagai petani, serta memiliki lahan pertanian buah yang sangat besar, membuat pemerintah desa berinisiatif bekerjasama dengan warga. Guna mengelola hasil panen buah-buahan warga menjadi produk makanan yang memiliki nilai jual lebih tinggi, dibawah pengawasan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Kami akan mengajar masyarakat untuk mengolah setiap hasil panen buah kedalam berbagai produk makanan, yang punya nilai jual lebih tinggi dibawah pengawasan BUMDES. Dan inikan membangkitkan ekonomi warga secara perlahan,” tuturnya.

Hassan menyampaikan, hampir sebagian besar hasil panen milik warga terbuang sia-sia. Dikarenakan terlalu banyaknya buah yang tumbuh. Bahkan banyak buah-buahan menjadi busuk karena berjatuhan di tanah dan tidak ada yang mengelolanya.

“Untuk itu kita pemerintah negeri berupaya bagaimana caranya agar hasil panen masyarakat itu tidak terbuang sia-sia. Kadang kalau saking melimpahnya, masyarakat membiarkannya sampai busuk. Kami berinisiatif untuk membuat pelatihan bagi warga, bagaimana mengolah hasil panen buah-buahan menjadi produk makanan yang memiliki nilai jual yang tinggi,” paparnya.

Dijelaskan, sektor pariwisata pantai juga dikembangkan pemerintah negeri dalam membantu memulihkan ekonomi masyarakat. Pasalnya, dengan adanya tempat rekreasi, masyarakat juga bisa menggunakannya untuk melakukan aktivitas jual-beli yang menguntungkan bagi masyarakat.

Ia berharap, kedepannya program pariwisata yang menjadi titik fokus pihaknya dapat berjalan dengan lancar, agar perekonomian masyarakat bisa terbantu.

“Kami sangat optimis dalam menjalankan program ini. Kami yakin ini berhasil. Dengan adanya dukungan dari masyarakat sekitar, kita bisa sama-sama melaksanakan program ini dengan baik,” kuncinya. (BKA-2)

Comment