by

Hative Besar Kembangkan Ekonomi Desa

AMBON-BKA, Pemerintah Desa Hative Besar, Kecamatan Teluk Ambon, sementara mengembangkan ekonomi desa. Hal ini dinilai sangat penting dikembangkan di masa pandemi Covid-19 saat ini.

“Tahun lalu kita sempat pusing dengan refokusing anggaran yang mengakibatkan program tidak bisa dijalankan,” tutur, Sekretaris Desa Hative Besar, Hassan Ulath, saat dihubungi koran ini, Selasa (27/7).

Baca:Warga Karpan Dilibatkan Pantau Dana Kelurahan

Untuk tahun ini, kata dia, banyak kesempatan yang dapat digunakan oleh pihak negeri untuk kembangkan ekonomi warga.

Yakni dengan anggaran desa hanya sekitar 8 persen, yang dialokasikan untuk penanganan Covid-19. Sisanya untuk program pembangunan, pemberdayaan dan pemulihan ekonomi desa

“Kita harus bangkit kembangkan kembali ekonomi kita yang sempat merosot akibat Covid-19, apapun caranya,” ucap Hassan.

Menurut dia, program pembangunan dan pemberdayaan juga bisa menjadi pemicu meningkatnya ekonomi. Sementara hampir sebagian besar warga Hative Besar berpotensi dalam bidang pertanian, dan dapat memanfaatkan hal tersebut dalam memajukan ekonomi di desa.

“Di Hative Besar ini kan masih sebagian besar hutan. Masyarakat sebagian besar berprofesi sebagai petani hasil panen melimpah. Bisa dimanfaatkan untuk memajukan ekonomi di desa dan masyarakat,” tukasnya

Dikatakan, pihaknya tengah berusaha untuk mengembangkan setiap potensi yang ada di negeri. Bersama dengan masyarakat bangkitkan kembali ekonomi yang merosot.

“Kita akan usaha sebaik mungkin dalam mengembangkan kembali ekonomi bersama dengan masyarakat. Kita akan berusaha bersama,” pungkasnya. (BKA-2)

Baca juga:
Benteng Pantau Prokes di Lingkungan
Baca juga: Desa Hunuth Prioritas Pendidikan Anak

Comment