by

Hative Besar Sasar Pariwisatas dan Pertanian

Ambon, BKA- Guna memulihkan ekonomi warga pasca pandemi Covid-19, Pemerintah Negeri Hative Besar, Kecamatan Teluk Ambon sementara menyasar dua program pembangunan di bidang pariwisata dan pertanian.

“Pertanian kita akan melakukan pembentukan kelompok dan melakukan pelatihan terlebih dahulu kepada masyarakat. Terkait cara mengelola hasil panen buah menjadi produk unggul yang memiliki nilai jual lebih tinggi. Untuk pariwisata, kita akan membangun wisata pantai Hative Besar lebih baik lagi untuk dijadikan tempat rekreasi bagi warga yang ingin liburan ke pantai,” tandas Sekertaris Negeri Hative Besar, Hasan Ulath, kepada koran ini, Selasa (30/3).

Menurut dia, dua program tersebut sudah pernah diusulkan dalam hasil Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tahun 2020 kemarin. Hanya saja belum dapat terakomudir lantaran refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19.

“Pertanian dan pariwisata ini program 2020 yang tidak dapat di akomudir. Kita akan berusahaa untuk mengakomudir 2 program ini untuk melakukan pemulihan ekonomi 2021,” ucapnya.

Bukan hanya pariwisata dan pertanian saja yang akan menjadi fokus pemulihan ekonomi. Hasan menambahkan, akan memperhatikan setiap nelayan yang ada di wilayahnya untuk melakukan pelatihan terkait cara mengelola hasil laut menjadi produk unggul yang memiliki nilai jual lebih tinggi.

“Warga yang ada di daerah pesisir, yang pertama ada potensi pariwisatanya, kemudian masyarakat yang bekerja sebagai nelayan, tapi hasilnya juga kadang-kadang ada yang jual melimpah dan ada yang tidak. Kita harap masyarakat bisa mengolah hasil laut maupun hasil pertanian untuk dijadikan produk unggulan dan dijual untuk meningkatkan ekonomi. Kita akan bantu mereka lewat pelatihan nanti,” pungkasnya. (BKA-2)

Comment