by

Hative Kecil Dorong UMKM Lewat Digitalisasi

Ambon, BKA- Pemerintah Negeri Hative Kecil, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di lingkungannya, untuk bergabung dalam platform penjualan online atau digital. Pola ini digunakan untuk menghadapi dampak perekonomian akibat pandemi Covid-19.

Sekertaris Negeri Hative Kecil, Matheos Nanulauta menilai, peran dari Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sangat penting dalam membantu memajukan UMKM warga. Dengan memberikan pelatihan untuk bisa memanfaatkan teknologi digital dalam meningkatkan usaha yang dimiliki.

“Peran BUMDes sangat dibutuhkan karena strategis dalam upaya memajukan UMKM. Lewat pelatihan wirausaha kepada warga untuk membentuk kelompok UMKM yang masuk dalam ekosistem digital. Sehingga dapat meningkatkan ekonomi UMKM di bawah pantauan BUMDes,” tutur Nanulauta, saat dihubungi media ini. Kamis (8/4).

Dikatakan, dengan adanya UMKM yang digital, produk lokal BUMDes juga bisa ikut di publikasikan. Sehingga pendapatan desa serta warga bisa meningkat.
“BUMDes juga perlu memanfaatkan momen ini dengan masuk ke dalam ekosistem digital bersama dengan pelaku UMKM. Bumdeskan punya produk unggulan. Yaitu, mengelola ikan menjadi beberapa produk makanan seperti bakso ikan, abon ikan dan beberapa jenis lainnya.

Ia berharap, dengan adanya strategi baru yang dilakukan pihaknya, dapat membantu menunjang perekonomian warga pasca pandemi Covid-19.
“Ini strategi yang sangat baik dan akan kita laksanakan dengan sebaik mungkin, agar yang kita targetkan itu tercapai. Yaitu meningkatkan perekonomian warga pasca Covid-19,” tuturnya. (BKA-2)

Comment