by

Hindari Kluster, Tempat Ibadah Diperketat

Ambon, BKA- Untuk menghindari kluster baru pada penerapan PSBB transisi tahap X, Pemerintah Kota Ambon melalui tim Satgas Covid-19 akan memperketat pengawasan protokol kesehatan di tempat-tempat ibadah.

Plt Kepala Bagian Kesra Kota Ambon, Fenly Masawoy mengungkapan, khusus untuk Sholat Jumat dan Ibadah Gereja pada hari Minggu, tim Satgas akan memantau langsung kedisiplinan para jamaah dan jemaat terhadap aturan protokol kesehatan.

Menurutnya, tingkat kesadaran masyarakat terhadap penerapan protokol kesehatan ditempat Ibadah, sudah mulai menurun. Maka PSBB kali ini, tempat ibadah menjadi perhatian bagi masyarakat untuk tetap mengedepankan protokol kesehatan.

“Sejauh ini pantauan kita, tempat ibadah sudah menerapkan protokol kesehatan. Tapi ada beberapa tempat ibadah yang belum. Dan kami sudah berikan surat dukungan untuk menerapkan protokol kesehatan,” jelasnya.
Fenly yang juga Koordinator Bidang Pelaksana Kegiatan Keagamaan Satgas Covid-19 ini mengaku, personil khusus untuk bagian bidang keagamaan tidak mencukupi.

“Memang kita kekurangan keterbatasan personil dari tingkat keagamaan. Jadi misalnya ibadah sholat Jumat yang kita lakukan bersamaan. Dan kita hanya mampu mengontrol beberapa masjid, begitupun gereja di hari Minggu ibadah,” tukasnya.

Dituturkan, pada saat gereja dibuka pada Oktober 2020 kemarin, pihaknya langsung melakukan pengawasan, guna menerapkan protokol kesehatan.

“Ini baru dibuka satu bulan ini dari bulan Oktober. Jadi tidak semua gereja di buka. Dan setiap ada pemberitahuan dibuka, kita turun dan memberitahukan tentang protokol kesehatan,” imbuh dia.

Menurutnya, Peraturan Walikota (Perwali) nomor 25 tahun 2020 tentang Keterbatasan Jamaah-Jemaat sebesar 50 persen ketika melakukan ibadah, belum dicabut atau diganti. Bahkan, beberapa tempat Ibadah di Kota Ambon, sudah membentuk tim relawan untuk selalu melakukan pengawasan terhadap protokol kesehatan, ketika beribadah.

“Di beberapa masjid ataupun gereja sudah membentuk relawan. Misalnya di gereja Silo, Maranatha dan gereja di Lateri memang dia sudah punya Satgas. Kita harapkan sesuai dengan juknis yang kita sampaikan ke tempat ibadah, supaya menyediakan tim atau relawan untuk memperhatikan protokol kesehatan,” kunci dia. (BKA-1)

Comment