by

Jumlah Penderita HIV/AIDS Bertambah di KKT

beritakotaambon.com – Konsentrasi Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar memutuskan penyebaran Covid-19, membuat mereka lalai mengontrol penyebaran penyakit lain di tengah masyarakat. Misalnya HIV/AIDS.

Jumlah penderita penyakit mematikan tersebut di KKT, mengalami kenaikan. Hal itu disampaikan Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan KKT, Edwin Tomasoa.

“Dari hasil evaluasi untuk DBD tidak menunjukan kenaikan. Untuk HIV/AIDS, naik,” terang Tomasoa, kepada Beritakota Ambon Rabu di ruang kerjanya, Rabu (25/8).

Setidaknya ada tiga temuan penderita baru HIV/AIDS, yang ditemukan Dinas Kesehatan KKT.

Baca juga: Tanimbar Dijatahi 40 Unit Jaringan 4G

Ketiga kasus baru itu, kata Tomasoa, masing-masing terkonfirmasi tengah dalam perawatan Puskesmas Lingat di Kecamatan Selaru, Puskesmas Saumlaki dan Puskesmas Lorulung di Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel).

“Kini kita sementara melakukan terapi, dengan memberikan obat untuk pasian konsumsi di rumah dalam bentuk terapi,” ungkap Tomasoa.

Tomasoa khawatir, ketiga penderita HIV?AIDS baru tersebut terinfeksi virus lai, karena memang sistim pertahanan tubuh mereka sangat lemah.

Untuk itu, pihaknya melakukan pengawasan ketat terhadap ketiga pasien HIV/AIDS baru tersebut di rumah, terutama saat melakukan aktivitas sehari-hari.

Baca juga: Babinsa Awasi Pelaksanaan Vaksinasi di Puskesmas MBD

“Pengawasan selalu kami perketat. Jika pasien mengalami komplikasi tertentu, baru kita arahkan untuk dirawat di rumah sakit,” tutup Tomasoa. (BTA)

Comment