by

Honipopu Dukung Pembangunan Dan Pemberdayaan

Ambon, BKA- Sebagian dana kelurahan yang diperuntukkan bagi Kelurahan Honipopu, Kecamatan Sirimau untuk mendukung program pemberdayaan dan pembangunan sarana dan prasarana di lingkungannya.

Lurah Honipopu, Novriel Yusuf menyebutkan, dana kelurahan yang diberikan pemerintah, bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Sehingga sebagian dari anggaran tersebut digunakan untuk mendukung program pemberdayaan dan pembangunan pada Kelurahan Honipopu.

“Anggaran yang di berikan dari pemerintah kepada kelurahan itukan 1,4 miliar. Anggaran tersebut bersumber dari APBD dan APBN. Untuk APBN digunakan buat program pemberdayaan dan pembangunan sarana prasarana. Sedangkan APBD digunakan untuk gaji pegawai, dan mendukung program pemberdayan serta pembangunan sarana prasarana,” terang Novriel, kepada koran ini, Selasa (4/5)

Dijelaskan, untuk posyandu, UKM, penanganan Covid-19, menjadi target dalam penggunaan dana kelurahan program pemberdayaan. Sedangkan untuk pembangunan drainase, setapak, serta fasilitas kelurahan menjadi target untuk masyarakat.

“Program-program ini yang menjadi titik fokus penggunaan anggaran kelurahan 2021. Sesuai dengan hasil musrembang yang sudah disepakati bersama masyarakat. Kita utamakan program ini, karena sangat penting dan dibutuhkan mereka,” ucapnya

Menurut dia, anggaran yang diperoleh itu akan digunakan secara transparan kepada masyarakat. “Kita akan libatkan masyarakat dalam penggunaan dan kelurahan. Agar transparansi dana itu bisa diketahui,” tuturnya.

Ia mencontohkan, jika ada pembangunan yang diperlukan masyarakat lagi, akan dilihat kembali. Dan jika memang diperlukan, maka pihaknya akan upayakan itu. “Kami akan berusaha lakukan. Karena anggaran yang diberikan dari pemerintah, ini bukan untuk kesenangan kami pihak kelurahan. Melainkan untuk membantu warga,” tandasnya.

Novriel juga meminta masyarakat, untuk bisa bekerjasama dengan baik bersama pihak kelurahan, dalam menjalankan program pembangunan sarana prasarana serta pemberdayaan. Serta lebih terbuka terkait keluhan, keperluan dan kebutuhan masyarakat di Kelurahan Honipopu, demi kesejahteraan bersama.

“Keterbukaan masyarakat ini yang sangat kami butuhkan. Apa yang menjadi keperluan semua masyarakat, kami akan mencoba realisasikan. Yang penting itu untuk keseluruhannya. Jangan untuk kepentingan pribadi. Kami minta partisipasi yang baiklah dari masyarakat,”harapnya. (BKA-2)

Comment